Rayakan Ulang Tahun ke-12, Indonesia Mengglobal Terus Menginspirasi Masyarakat Mengejar Peluang Skala Global

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Indonesia Mengglobal, yayasan non-profit yang berdiri sejak 2012, sukses merayakan ulang tahun ke-12 dengan penuh suka cita. Didorong oleh kebutuhan akan informasi mengenai belajar dan bekerja di luar negeri, Indonesia Mengglobal terus menginspirasi masyarakat Indonesia untuk mengejar peluang skala global.

Pada 4 Agustus 2024, perayaan ulang tahun yang bertema “Create Your Global Horizon Living Canvas: Exploring Worldwide Opportunities Beyond Borders” berhasil menarik perhatian banyak orang, menginisiasi eksplorasi tanpa batas dengan menghadirkan sejumlah rangkaian kegiatan menarik.

Acara ini diadakan di Soehanna Hall, The Energy Building, SCBD Lot 11A, Jakarta Selatan, dan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting.

Keynote speaker dalam acara ini adalah Mohamad Risal Wasal, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, dan Hafidz Muksin, Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Selain itu, acara ini juga menampilkan panelis hebat seperti Amich Alhumami, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan BAPPENAS; Stella Christie, Professor dan Peneliti di Tsinghua Laboratory of Brain and Intelligence, Tsinghua University; Vikri Ijas, Co-Founder & CEO Kitabisa; serta Galih Sulistyaningra, Educator dan Education Influencer.

“Awalnya, Indonesia Mengglobal merupakan sebuah platform untuk menginspirasi studi dan bekerja di luar negeri melalui tulisan artikel. Sepanjang perjalanannya, Indonesia Mengglobal melebarkan sayap melalui mentorship program, dimana program ini benar-benar life canging. Ada pula program edukasi lainnya untuk membantu masyarakat Indonesia melebarkan sayapnya di kancah global, baik melalui studi, karir, maupun pengetahuan dan informasi lainnya yang bermanfaat,” ujar Mohamad Djodi Hardi Prajuri, Presiden Indonesia Mengglobal.

Djodi juga menjelaskan bahwa kata “mengglobal” tidak memiliki definisi yang pasti. Mengglobal merupakan tatanan mindset atau pola pikir di mana masyarakat Indonesia mampu melihat diri mereka sebagai bagian dari ekosistem yang lebih besar.

“Setiap tindakan yang dilakukan akan berdampak atau terhubung dengan komunitas lain. Mengglobal tidak selalu berarti berhubungan dengan luar negeri, tetapi juga bisa diartikan sebagai eksplorasi dunia di luar lingkungan yang kita kenal,” jelasnya.

Ditambahkannya, mengglobal juga mencakup pengalaman dari sisi peluang, hingga membawa apa yang ada di Indonesia ke panggung global dengan pengaruh yang lebih luas. Indonesia Mengglobal memiliki visi untuk menciptakan generasi yang unggul dan global, selaras dengan visi Indonesia Emas 2045.

Dalam pidatonya berjudul “Membentuk Pola Pikir Global Hadapi Masa Depan,” Hafidz Muksin menegaskan bahwa membangun Indonesia yang Unggul, Tangguh, dan Berwawasan Global harus dimulai dengan membentuk citra diri bangsa. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bertanggung jawab meningkatkan literasi dan numerasi sebagai fondasi berpikir kritis dan kreatif.

“Literasi memungkinkan pemahaman yang mendalam, sementara numerasi mengasah kemampuan bernalar. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kompetensi diri melalui mindset global, demi mempersiapkan diri menuju Indonesia Emas 2045,” jelasnya.

Mohamad Risal Wasal menekankan pentingnya menimba ilmu di luar negeri untuk memperluas wawasan dan meningkatkan pengetahuan, namun kembali ke Indonesia untuk membangun bangsa adalah suatu kewajiban.

Ia mengingatkan bahwa ilmu yang diperoleh di luar negeri harus diterapkan di tanah air, untuk menciptakan produk yang mengglobal, demi kemajuan bangsa. Masa depan Indonesia ada di tangan estafet generasi muda, jadi persiapan matang perlu dilakukan dari sekarang.

Panelis hebat lainnya juga membahas pentingnya memiliki perspektif global dan pengalaman internasional untuk memberikan dampak positif di tingkat lokal.

Mereka juga memberikan banyak pengetahuan tentang peluang dan kesempatan yang dapat dilakukan. Selain itu, ada pula sesi diskusi mencakup berbagai isu, mulai dari tantangan mengglobal hingga langkah-langkah yang perlu diambil untuk berkembang lebih baik. Berbagai acara menarik seperti IELTS Listening & Reading Simulation, Scholarship Information, Education Expo, Parallel Session Mini Workshop turut diselenggarakan.

Indonesia Mengglobal berharap perayaan ke-12 ini membuka lebih banyak peluang global, memungkinkan lebih banyak orang untuk berkoneksi dan berkontribusi untuk Indonesia di kancah internasional. Indonesia Mengglobal berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

“Melalui berbagai program unggulannya, Indonesia Mengglobal berupaya membuka akses lebih luas bagi generasi muda untuk mengejar pendidikan berkualitas. Indonesia Mengglobal percaya bahwa dengan pendidikan yang baik, Indonesia dapat bersaing di kancah global dan mencapai visi Indonesia Emas 2045,” jelasnya.

Yayasan Indonesia Mengglobal,
Laman: indonesiamengglobal.com
Twitter: twitter.com/IndoMengglobal
Instagram: instagram.com/indonesiamengglobal Facebook: facebook.com/IndoMengglobal Youtube: Indonesia Mengglobal

Berita Terkini