Bupati Nias Barat Hadapi Kritikan Warga Gagal Memimpin, Kadis Kominfo Respon Dengan Prestasi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

*Mudanews.com*, Nias Barat. Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, saat ini menghadapi kritik dari warga terkait hasil kepemimpinannya. Salah satunya, kritikan yang disampaikan Fenieli Gulo Alias Ama Wogao melalui media sosial grup whatsapp Generasi Niha Aekhula NB pada minggu pagi 11/08/2024

 

Fenieli Gulo Alias Ama Wogao mengungkapkan bahwa Bupati gagal memenuhi harapan masyarakat untuk mengatasi ketertinggalan dan kemiskinan, menyoroti buruknya kondisi infrastruktur jalan, pelayanan kesehatan yang terabaikan meskipun ada investasi besar pada RS Pratama Lologolu, dan kegagalan dalam penyediaan air bersih.

 

“Bupati yang gagal mewujudkan harapan masyarakat Nias Barat keluar dari ketertinggalan dan kemiskinan. Hampir empat tahun memimpin, terbukti infrastruktur jalan semakin parah, layanan kesehatan terabaikan walaupun miliaran uang negara tersedot membangun gedung RSPL (Rumah Sakit Pratama Lologolu) tapi tidak berfungsi sebagaimana layaknya Rumah sakit,” Tulisnya

 

Ia juga mencatat bahwa nasib petani dan peternak semakin terpuruk tanpa adanya program yang mendukung mereka.

 

Menanggapi kritik tersebut, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nias Barat, Sonifati Zebua, menyampaikan beberapa capaian Bupati selama masa jabatannya.

 

Selama tiga tahun kepemimpinan Bupati Khenoki Waruwu, angka kemiskinan berhasil turun sebesar 3.61 persen, melebihi capaian Kepala Daerah sebelumnya dalam satu dekade terakhir. Selain itu, RS Pratama Lologolu telah beroperasi dan memberikan layanan kesehatan dasar, meskipun masih dalam tahap pengembangan untuk memenuhi standar fasilitas kesehatan.

 

“Capaian penurunan angka kemiskinan selama kepemimpinan Bupati Khenoki Waruwu tersebut melampaui capaian 10 tahun Kepala Daerah sebelumnya (A.A Gulo dan Faduhusi Daely), yang hanya mampu menekan angka kemiskinan sebesar 3.43 persen (dari 29.32 tahun 2011 menjadi 25.69 pada tahun 2020)”, jelasnya.

 

Pemerintah Kabupaten Nias Barat juga telah menjalin kerjasama dengan PDAM Tirtanadi untuk meningkatkan penyediaan air bersih dan membangun 5.459 sambungan rumah dari 2021 hingga 2024.

 

Dalam hal infrastruktur jalan, Bupati telah melampaui target pembangunan yang ditetapkan, dengan 116,50 kilometer jalan terbangun dibandingkan dengan target 48,61 kilometer.

 

“Capaian pembangunan infrastruktur jalan selama lebih 3 tahun kepemimpinan Bupati Khenoki Waruwu cukup signifikan, melampaui target yang telah ditetapkan dalam RPJMD dan Renstra Dinas PUTR,” lanjutnya.

 

Untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan, pemerintah terus memberikan bantuan dan sarana produksi serta alat tangkap ikan.

 

Pemerintah daerah juga telah meraih berbagai penghargaan dari Pemerintah Provinsi dan kementerian, yang mencerminkan hasil pembangunan dan tata kelola pemerintahan yang telah dicapai.

 

Sonifati Zebua mengingatkan masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial dan tidak menyebarkan hoaks yang dapat menimbulkan kegaduhan. (*)

Berita Terkini