Mendagri ganti 3 Pejabat Gubernur, ini profil Pejabat Gubernur Sumatra Utara dan Gubernur NTB

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

 

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengeluarkan Surat Kemendagri Nomor 100.2.1.3/2817/SJ perihal undangan pelantikan penjabat gubernur. Dalam surat yang dikeluarkan 21 Juni tersebut, Mendagri akan melantik sebanyak tiga Pj Gubernur untuk wilayah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan NTB.

“Dalam rangka pelantikan Penjabat Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Nusa Tenggara Barat,” tulis Plt Sekretaris Jenderal Kemendagri Komjen Tomsi Tohir sebagaimana surat yang dikutip mudanews.com

Pelantikan akan dilaksanakan pada Senin 24 Juni 2024 pukul 15.30 WIB di Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C Kemendagri Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7, Jakarta Pusat dan berpakaian sipil lengkap (PSL) serta peci nasional TNI/Polri PDU IV.

berdasarkan sumber yang berkembang Pj Gubernur Sumatera Utara ( Gubsu ) Hasanuddin digeser menjadi Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni digeser menjadi Pj Gubsu

berikut profil dari Hassanudin memiliki latar belakang militer. Sebelum pensiun, Hassanudin berpangkat Mayor Jenderal (Mayjen) dengan jabatan terakhir Wakil Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Wairjenad).

Hassanudin merupakan lulusan Akmil Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) 1989. Kemudian dia melanjutkan pendidikan di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) dan menjadi lulusan terbaik pada 2003.

Setelah sempat dimutasi ke beberapa jabatan yang lain, Hassanudin kemudian ditunjuk sebagai Pangdam Iskandar Muda pada 2020. Hassanudin meraih pangkat Mayjen. Kemudian di tahun yang sama, Hassanudin kemudian dipercaya menjadi Pangdam I/Bukit Barisan hingga 2022.

Selesai menjabat sebagai Pangdam I/Bukit Barisan, Hassanudin kemudian dipercaya menjadi Wairjenad kemudian dipilih menjadi Pj Gubernur Sumut menggantikan Edy Rahmayadi.

sedangkan Agus Fatoni Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri akan Dilantik menjadi Pj Gubsu menggantikan H Hassanudin sebelumnya pj Gubernur Sumsel dan pernah menjabat sebagai Pjs Gubernur Sulut menggantikan Olly Dondokambey yang cuti karena mengikuti Pilgub Sulawesi Utara pada 2020.

Di Kemendagri, Agus Fatoni menjabat sebagai Dirjen Bina Keuangan Daerah.Posisi ini ia pegang sejak 12 Maret 2022, lulusan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pada tahun 1994.(S.Ragil)

- Advertisement -

Berita Terkini