Muhammadiyah Usul Toa Masjid Hanya untuk Adzan-Ikamah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta- Artis Zaskia Adya Mecca memprotes cara membangunkan sahur dengan teriakan melalui Toa masjid. PP Muhammadiyah mengusulkan agar Toa masjid hanya digunakan untuk azan dan ikamah (panggilan segera berdiri untuk salat).

“Toa masjid harus ada aturan penggunaannya. Supaya tidak mengganggu masyarakat sekitar, cukup azan dan ikamah saja,” kata Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad saat dihubungi, Jumat (23/4/2021).

Dadang mengatakan sebetulnya tidak ada masalah menggunakan Toa masjid untuk memberitahukan waktu sahur. Namun, dia menegaskan, pemberitahuan itu tidak disampaikan terus-menerus sehingga mengganggu masyarakat.

“Ya mungkin bisa pakai Toa masjid hanya memberitahukan waktunya sahur, cukup satu atau dua kalimat saja, tidak terus-terusan sehingga mengganggu keheningan orang yang sedang salat malam, munajat, atau anak bayi yang sedang tidur, supaya tidak mengganggu ibunya menyiapkan makan sahur keluarga,” ucapnya.

Lebih lanjut Dadang juga menyarankan agar masyarakat tidak saling membangunkan sahur jika dalam lingkungannya yang masyarakatnya heterogen atau beragam agama. Sementara itu, jika dalam masyarakat homogen muslim, kata dia, tidak ada masalah penggunaan Toa untuk memberitahukan waktu sahur.

“Bagi daerah perkotaan yang heterogen berbagai umat tidak usah ada membangunkan sahur karena semua orang punya alarm jam, baik yang ada di HP maupun di weker. Bagi yang daerah homogen kaum muslim saja boleh pake Toa, tapi hanya sekali, tidak terus-menerus,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam video yang diunggah di Instagram seperti dilihat Jumat (23/4/2021), Zaskia Adya Mecca bertanya-tanya model membangunkan sahur dengan berteriak di Toa masjid. Dia bingung kalau cara itu disebut tengah jadi hits alias tren.

“Cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi HITS katanya?! Trus etis ga si pake toa masjid bangunin model gini?? Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam.. Apa iya dengan begini jadi tidak mengganggu yang lain tidak menjalankan Shaur?!” tulis Zaskia Adya Mecca.

sumber : detik

- Advertisement -

Berita Terkini