Laboratorium Patologi Anatomik Fakultas Kedokteran USU Menuju Pusat Konsultasi Patologi Berbasis Web dan Teknologi Informatika

Laboratorium Patologi Anatomik
Tampilan website Lab. PA FK USU

MUDANEWS.COM – Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, laboratorium Patologi Anatomik Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) ikut serta berperan terhadap segala perubahan, terutama dalam hal kepentingan USU, baik dalam hal akreditasi maupun usaha meningkatkan pendapatan melalui unit usaha mandiri.

Potensi yang dimiliki unit usaha pelayanan patologi anatomik sangat besar untuk dikembangkan, diantaranya pelayanan patologi anatomik kepada masyarakat, pendidikan dan penelitian terhadap mahasiswa. Salah satu karya nyata ataupun program yang dapat dilakukan adalah dengan memfasilitasi dan mengembangkan dukungan unit usaha berbasis sistem teknologi informasi di lingkungan USU.

Laboratorium Patologi Anatomik Fakultas
Kegiatan di ruang makroskopis

Meskipun ada beberapa kendala yang dihadapi pada program ini, diantaranya keterbatasan tenaga kesehatan dan peralatan. Dengan bertujuan untuk meningkatkan kunjungan pasien dan penghasilan laboratorium Patologi Anatomik FK USU, solusi yang dapat dilakukan berupa menyediakan pelayanan yang lebih lengkap berbasis biologi molekuler dan teknologi dari unit usaha pelayanan Patologi Anatomik FK USU.

Laboratorium Patologi Anatomik Fakultas
Mikroskopis Lab. PA FK USU

Tahun 2021-2022 kita harapkan unit usaha ini telah berkembang sebagi laboratorium Patologi Anatomik dengan pemeriksaan biologi molekuler dan menjadi pusat konsultasi berbasis web dan teknologi informatika.

Oleh : Dr. dr. H. Delyuzar, M.Ked (PA), Sp. PA (K).