Kalau Lagi Ruwet, Duaar . . .

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM – Bom Panci semakin populer dan pilihan favourite tukang panci eh tukang bom-boman. Umat atau kelompok Islam selalu jadi tertuduh untuk kasus serupa.  Sebelum diumumkan, ketika peristiwa terjadi, sudah diduga arah akan tertuju pada kelompok “teroris Islam”.

Seperti peliharaan yang telah diatur kapan munculnya.

Gereja Katedral Makassar yang jadi sasaran artinya sarat nuansa keagamaan. Tak ada hujan tak ada angin yang dikaitkan dengan konflik Islam-Kristen, ujug-ujug Gereja yang jadi sasaran. Apa salah dan masalah pada Gereja Katedral ? Dipastikan tidak ada. Umat Islam tak ada kebencian pada Gereja beserta jamaatnya ini. Situasi normal-normal saja. Artinya pembawa bom itu justru dalam keadaan yang tidak normal.

Haedar Nashir Ketua Umum Pimpinan Pusat  Muhammadiyah menilai ini bukan soal agama tetapi rekayasa adu domba. Banyak kalangan menilai serupa, tak percaya pada spirit terorisme berbasis agama. Jika adapun maka itu artifisial atau buatan. Ini yang perlu dicari siapa pembuatnya.

Dari dahulu tidak pernah ketemu si dalang, mungkin si dalang ada di tempat terang. Di depan hidung yang belang belang. Aneh aparat keamanan kita tak mampu menemukan dalang, selalu wayang-wayang yang itupun nyawanya pada melayang. Dapat dipastikan jejak dan operatornya sudah menghilang. Masuk lubang yang berdinding uang.

Klasik cerita bom panci…duaar  dengan obyek Gereja, cepat sekali teridentifikasi pelaku, beridentitas Islam. Betapa bodoh dan dungu si pelaku yang menunjukkan siapa dirinya. Pakai surat wasiat jihad segala. Teroris sejati semestinya melakukan penyamaran karena berorientasi pada hasil, misalnya korban itu jemaat, bukan satpam atau pejalan kaki. Dungu jika harus bersorban, berpeci, atau berjilbab.

Yang dipastikan cerdas adalah koordinator atau pembujuk atau pemegang remote control. Pihak ketiga yang mempunyai sumber daya baik tenaga maupun dana. Ahli strategi yang mahir memotivasi, menggaransi, dan pastinya membohongi.

Kalau lagi ruwet..duaaar. Ruwet kasus HRS yang terus ribut, ruwet pembunuhan enam laskar yang bergaung dan bersambung, ruwet pandemi yang menggerus uang  hingga harus hutang, ruwet korupsi yang disorot oposisi.  Ruwet perlu tidaknya jabatan tiga periode untuk melanggengkan kekuasaan, menggemukkan kroni, dan melindungi dinasti. Ruwet dan ribet.

Umat Islam selalu mengerutkan dahi. Benarkah teroris berjuang untuk Islam ? Ketika Islam dihina, dinistakan, dan dimain-mainkan dengan keji oleh para tikus, ular, kelabang, kodok, dan kutu busuk seharusnya teroris pejuang Islam itu hadir berbuat, jika perlu menghabisi tikus, ular, kelabang, kodok dan kutu busuk tersebut. Tapi itu tak terjadi. Tak ada yang muncul.

Artinya disadari bahwa  memang teroris tersebut bukan berjuang untuk Islam, justru menghancurkan Islam dan mengadu domba umat Islam. Teroris itu tak lain adalah  spesies yang satu komunitas dengan tikus, ular, kelabang, kodok, dan kutu busuk itu sendiri. Mereka adalah bagian dari penjahat umat, bangsa, dan negara.

Kini kasus bom-boman datang lagi, aparat diharapkan profesional menangani, segera tangkap dan adili dalang, bukan wayang atau tukang gendang. Jangan cepat ditembak atau dibom, mereka yang dianggap terlibat tangkap hidup-hidup dan seret ke ruang pengadilan agar semua bisa mengikuti bahwa benar jaringan itu ada dan  sang dalang segera dapat diketahui keberadaannya apakah  di luar negeri, di hutan, di perbatasan, atau di markas sendiri.

Selamat bekerja, rakyat mendukung kerja keras, kerja tuntas, dan kerja jelas. Bukan kerja bias dan bermain-main dalam kebijakan yang tidak waras.

Oleh : H. M. Rizal Fadillah, SH – Pemerhati Politik dan Kebangsaan

Bandung, 30 Maret 2021

- Advertisement -

Berita Terkini