Kasad Andika Perkasa, Vidcon Penanganan Bencana Alam di Sulbar

Kasad Andika Perkasa, Vidcon Penanganan Bencana Alam di Sulbar
Foto: Tangkap layar YouTube TNI AD.

MUDANEWS.COM, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa kembali melakukan teleconference untuk menerima laporan perkembangan penanganan bencana alam di wilayah Kodam VI/Mulawarman, Kodam XIII/Merdeka dan Kodam XIV/Hasanuddin.

Dilaporkan oleh Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumarengukka, dukungan Kasad untuk penanganan bencana gempa, seperti Rumah Sakit Lapangan, Helly Penerbad, jembatan acrow, dapur lapangan, hingga alat penjernih air diminta oleh Pemerintah Daerah Sulawesi Barat untuk diperpanjang waktu pelaksanaannya.

“Gubernur Sulawesi Barat mengirim surat kepada kami untuk meminta kepada bapak Kasad agar pelaksanaan dukungan yang diberikan oleh bapak Kasad yang terpusat, itu kalau bisa diperpanjang selama 1 minggu, bapak. Karena dukungan kita sampai saat ini sangat sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” jelas Pangdam XIV/Hasanuddin.

Salah satu dukungan Kasad yang masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat Sulawesi Barat yakni layanan kesehatan berupa rumah sakit lapangan. Hingga saat ini Rumah Sakit Lapangan telah memberikan perawatan kepada pasien rawat jalan sebanyak 1.048 orang, rawat inap sebanyak 62 orang dan tindakan operasi sebanyak 40 orang.

“Rumah Sakit Lapangan ini sangat diminati oleh masyarakat. Kalau mereka berobat di Rumah Sakit Lapangan ini, mereka hanya cukup datang semua terselesaikan dan tindak lanjutnya ada, bahkan mereka pulang pun, itu tidak pulang membawa resep, pulang membawa obat sehingga ini sangat diminati oleh mereka,” ujar Pangdam XIV/Hasanuddin. (red)