Anies Baswedan, Klaim Sudah Antisipasi Potensi Hujan Ekstrem: Alhamdulillah 1 Hari Kering

Anies Baswedan, Klaim Sudah Antisipasi Potensi Hujan Ekstrem: Alhamdulillah 1 Hari Kering
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku sudah mengantisipasi potensi curah hujan ekstrem mengguyur Ibu Kota. (Net/Foto)

MUDANEWS.COM, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku sudah mengantisipasi potensi curah hujan ekstrem mengguyur Ibu Kota. Anies menyebut kesiagaan jajarannya membuat sebagian genangan bisa kering dalam satu hari.

Ia bersyukur karena banjir yang melanda kawasan Jakarta bisa surut dalam kurun 1 hari. Menurutnya, hal tersebut terjadi lantaran jajaran Anies yang sudah bersiaga mengantisipasi banjir.

“Alhamdulillah antisipasi itu sudah dilakukan dari kemarin. Atas izin Allah satu hari kering. Kenapa? Karena jajaran dalam posisi siaga,” ujar Anies saat ditemui di Kemang Raya, Jakarta Selatan, Minggu (21/2/2021).

Anies mengatakan sudah mencatat kawasan mana saja yang berisiko diterjang banjir. Berhubung jajarannya sudah tahu titik-titik mana saja yang berpotensi banjir, maka pompa hingga pengawasan langsung dikerahkan.

“Sudah dari awal ditentukan RT-RT, RW-RW yang berisiko, sehingga begitu terjadi genangan, maka langsung pompa dikerahkan, tenaga dikerahkan, pengawasan dikerahkan,” tuturnya.

“Jadi status siaganya sudah dari kemarin-kemarin. Karenanya harus digarisbawahi di Jakarta ada 3 prinsipnya, 1 siaga, 2 tanggap bila ada kejadian, lalu galang bila ternyata muncul masalah. Jadi alhamdulillah 1 hari ini sudah terlihat, kejadiannya kemarin dan hari ini Jakarta kembali relatif normal,” sambung Anies.

Meski demikian, Anies menyebut Jakarta belum sepenuhnya terbebas dari banjir. Dia pun meminta masyarakat tetap waspada.

“Apakah 100 persen? Belum. Di kawasan Jakarta Barat sekitar Kali Angke. di sana air kiriman dari hulu masih jalan. Ini yang masih membuat terjadi genangan. Tapi insyaallah kita siap, dan saya mengimbau ke seluruh masyarakat untuk juga waspada seperti info dari BMKG,” kata Anies.

Anies pun tak lupa berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantunya dalam menangani banjir di Jakarta.

“Saya di sini untuk memastikan dan mengapresiasi teman-teman yang bertugas, all out. Dan saya sampaikan penghargaan, terima kasih, dan apresiasi kepada warga, kepada organisasi sosial, organisasi kemanusiaan, juga organisasi kemasyarakatan, yang ikut membantu warga Jakarta di masa sulit ini,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, BMKG memprediksi cuaca ekstrem kembali terjadi pada 23-24 Februari 2021. Merespons hal ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan jajarannya sudah bergerak cepat dan bersiaga sejak tahun lalu.

“Kami sudah bersiaga selama persiapan tahun-tahun kemarin. Indikasinya apa? Indikasinya kecepatan bergerak. Seluruh jajaran langsung bergerak ketika terjadi hujan yang amat keras,” kata Anies Baswedan saat meninjau Pintu Air Manggarai di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (21/2).

Sumber : detik.com