Sebut Islam Agama Arogan, Aktivis HMI Pamekasan Kutuk Pernyataan Abu Janda

Sebut Islam Agama Arogan
Ketua Umum Komisariat Tarbiyah IAIN Madura, Royhain Ikbal saat diwawancarai

MUDANEWS.COM, Pamekasan – Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pamekasan kutuk keras pernyataan Permadi Arya alias Abu Janda terkait Islam dikatakan sebagai agama arogan. Dimulai dari tweet Abu Janda di twitternya mengatakan, “Yang arogan di Indonesia itu adalah Islam, sebagai agama pendatang dari Arab, kepada budaya asli kearifan lokal. Haram-haramkan ritual sedekah laut, sampe kebaya diharamkan dengan alasan aurat,” isi cuitan Abu Janda.

Atas tweet tersebut Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Pamekasan yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Komisariat Tarbiyah IAIN Madura merasa geram dengan statmen yang dilontarkan oleh Abu Janda.

Ia pun meminta kepada pihak berwajib bahwa Abu Janda harus segera dipanggil untuk dimintai klarifikasi dan apabila bersalah diproses secara hukum. Ia pun kecewa terhadap Abu Janda dan merasa terpanggil sebagai umat Islam bahwa Islam bukan lah agama seperti yang dikatakan.

“Kami sebagai kader HMI yang berasaskan Islam merasa terpanggil atas pernyataan Abu Janda bahwa Islam dikaitkan dengan agama arogan. Islam adalah agama yang damai dan keselamatan,” tegas Royhain Ikbal yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Komisariat Tarbiyah IAIN Madura, Sabtu (30/1/2021).

“Maka harapan kami kepada kepolisian untuk segera memanggil Abu Janda agar mengklarifikasi pernyataannya. Ia pun meminta kepada pihak kepolisian apabila terbukti bersalah untuk di hukum seadil-adilnya oleh pihak Kepolisian,” tegasnya.

Sebelumnya Abu Janda bukan kali ini saja mengeluarkan pernyataan kontroversial sebelumnya sempat dilaporkan oleh beberapa oknum atau kelompok seperti KNPI atas kasus Ujaran Rasisme terhadap mantan komisioner komnas HAM, Natalius Pigai. (Hanafi)