Jokowi Disebut Akan Serahkan Nama Calon Kapolri Besok

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menyerahkan nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis kepada DPR, esok hari, Selasa (11/1/2021).

“Belum (masuk hari ini, red), besok,” ujar Arsul lewat pesan singkat, Senin, 11 Januari 2021.

Kapolri Jenderal Idham Azis akan pensiun pada 1 Februari 2021 mendatang. Sesuai dengan prosedur, Presiden akan menunjuk Kapolri baru. Pemilihan itu berdasarkan pada nama-nama yang mendapat rekomendasi Kompolnas maupun dari Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md selaku Ketua Kompolnas sebelumnya sudah menyerahkan lima nama calon Kapolri pengganti Idham Azis kepada Jokowi.

Kelima calon Kapolri ini adalah Komjen Gatot Edy Pramono, Komjen Boy Rafly Amar, Komjen Listyo Sigit Prabowo, Komjen Arief Sulistyanto, dan Komjen Agus Andrianto.

“Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang,” tulis Menko Mahfud Md, Jumat (8/1/2021).

Presiden nantinya akan menunjuk satu nama lalu nama itu akan diserahkan kepada DPR untuk dilakukan proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. Adapun Istana belum bisa dikonfirmasi ihwal sosok calon Kapolri pilihan Jokowi.

Sumber : TEMPO.CO

- Advertisement -

Berita Terkini