Ada Kabar Baik, IHSG Akan Mampu Berada di Zona Hijau Hari Ini

Ada Kabar Baik, IHSG Akan Mampu Berada di Zona Hijau Hari Ini
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Setelah mengalami tekanan jual pada perdagangan kemarin. IHSG pada perdagangan hari ini akan bergerak menguat seiring dengan cukup bagusnya sentimen positif yang mempengaruhi pasar keuangan. Salah satunya adalah tren positif yang dibukukan banyak bursa asia pada sesi pembukaan perdagangan hari ini.

“Sentimen positif lainnya juga datang dari AS, dimana bursa di Wall Street menguat, setelah ada kabar baik terkait dengan kebijakan stimulus AS senilai 908 Milyar US Dolar. Dimana dua kubu baik Demokrat dan Republik sama-sama mengajukan proposal paket stikulus senilai $908 Milyar. Hal inilah yang menjadi sebab membaiknya kinerja pasar keuangan global,” ujar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Rabu (16/12/2020).

Pada pagi ini, kata Benjamin, IHSG sendiri menguat di level 6.046,87. Saya melihat IHSG secara teknikal akan berada di level tersebut sepanjang hari ini. Kalaupun berlanjut menguat akan rehat sejenak dan berada di kisaran level 6.070.

“Untuk mata uang rupiah, meskipun stimulus ini nantinya akan membuat US Dolar terpukul, dan kinerjanya melemah. Rupiah justru tidak mengambil kesempatan tersebut untuk berlanjut menguat. Rupiah sempat dibuka menguat di level 14.110 per US Dolar. Meskipun sejauh ini kembali ke level penutupan kemarin di kisaran 14.120. Kinerja Rupiah seakan tertahan meskipun secara fundamental ruang penguatan Rupiah terbilang sangat terbuka di pekan ini,” imbuhnya. (red)