Kasad Andika Perkasa, Mengikuti IPAMS ke-44 dan SELF ke-6

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa mengikuti Indo-Pasific Armies Management Seminar (IPAMS) ke-44 dan Senior Enlisted Leader Forum (SELF) ke-6 yang berlangsung pada 17 dan 18 November secara virtual. kegiatan ini diikuti oleh 30 negara dengan tuan rumah United States Army Pasific dan Philippine Army.

Commanding of The Philippine Army, Lieutenant General Cirilito E. Sobejana membuka kegiatan tersebut. “Dengan ini the 44 Indo-Pasific Armies Management Seminar and the 6 Senior Enlisted Leader Forum resmi dibuka,” ujar Lieutenant General Lito.

Kegiatan IPAMS ke-44 dan SELF ke-6 merupakan platform bagi perwira dan bintara senior dari seluruh negara Kawasan Indo Pasifik untuk berdiskusi dan saling berbagi pemikiran terkait isu-isu terkini. Mengusung tema “Addressing Challenges to Indo-Pasific Armies in Urban Environment”, kegiatan ini membahas langkah-langkah untuk menghadapi tantangan yang dihadapi oleh Angkatan Darat di negara-negara Indo-Pasifik pada lingkungan perkotaan.

Adapun subtema yang menjadi pembahasan yakni memahami lingkungan perkotaan pada abad 21, mengadaptasi Angkatan Darat agar berhasil dalam lingkungan perkotaan, serta membahas peran angkatan darat dalam rehabilitasi paska operasi perkotaan.

Dalam upacara penutupan, Lieutenant General Cirilito menyampaikan diskusi yang dilakukan dapat memberikan wawasan baru untuk meningkatkan hubungan dan pemahaman di antara militer Angkatan Darat.

“Khususnya pemahaman tentang cara menghadapi kompleksitas operasi di lingkungan perkotaan, termasuk bantuan kemanusiaan serta tanggap bencana,” ujarnya.

Ia juga berharap keadaan akan kembali normal setelah masa pandemi Covid-19. Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua partisipan dalam IPAMS ke-44 dan SELF ke-6.

“Semoga kita semua dapat menciptakan perdamaian dan melakukan pembangunan serta memperkuat hubungan Indo Pasifik. Sekali lagi, terima kasih untuk semuanya,” tutup Lieutenant General Lito.

Commanding General United States Army Pasific, General Paul J. LaCamera menyampaikan seminar dan forum menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan perspektif yang menjadi tantangan untuk menjaga keamanan yang telah menjadi kepentingan bersama.

“Seperti yang telah kita diskusikan saat membahas pelaksanaan operasi di lingkungan perkotaan, khususnya di kota-kota besar, akan muncul tantangan yang dinamis di masa depan, seiring dengan pertumbuhan populasi, perubahan iklim, serta teknologi yang berkembang. Kami siap mengatasi tantangan ini dan saya harap kalian semua melakukan hal yang sama,” ujar General Paul J. LaCamera.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada moderator, pembicara yang telah berbagi wawasan dan pengalaman meskipun terpisah secara geografis.

“Khususnya kepada Lieutenant General Cirilito yang telah mengadakan kegiatan ini di tengah masa pandemi. Saya berharap dapat bertemu lagi dalam kegiatan ini di tahun depan. Semoga seluruh prajurit dan keluarga mendapatkan keberkahan dan mendapat kesehatan yang baik di tahun depan. Terima kasih,” tutup General Paul J. LaCamera. Berita Jakarta, red

- Advertisement -

Berita Terkini