Profil Helmy Sungkar, Tokoh Automotif dan Pembalap Nasional

Profil Helmy Sungkar, Tokoh Automotif dan Pembalap Nasional
Helmy Sungkar (Foto: Instagram Rifat Sungkar)

MUDANEWS.COM , JAKARTA – Tokoh otomotif nasional, Helmy Sungkar, mengembuskan napas terakhir pada Selasa (24/11/2020). Hal ini tentu menjadi kabar duka bagi dunia otomotif nasional yang kehilangan sosok ayah dari Rifat Sungkar tersebut.

Selama masa hidupnya, Helmy memang banyak berkecimpung di dunia otomotif, baik sebagai pembalap maupun promotor. Namun Helmy lebih dikenal sebagai promotor balap, yang membuat namanya begitu disegani.

Helmy adalah pria kelahiran 17 April 1952. Ia mengembuskan napas terakhir pada usia 68 tahun dan meninggalkan tiga anak dan tujuh cucu. Sebelum meninggal dunia, Helmy diketahui berjuang melawan penyakit diabetes dan stroke ringan dalam tiga tahun terakhir.

Meski Helmy adalah seorang promotor, sekaligus mantan pembalap nasional. Bahkan bakat sang ayah juga turut dilanjutkan oleh anak-anaknya, diantaranya oleh Rifat Sungkar (anak pertama) hingga Rizal Sungkar (anak kedua).

Sebagai promotor balap, Helmy memiliki event organizer balap sendiri bernama Trendypromo Mandira. Berbagai kejuaraan balap motor mampu Helmy tangani. Mulai dari road race, motocross hingga drag race.

Sayangnya sejak sakit, Helmy tidak bisa berbuat banyak sehingga mundur dari dunia promotor balap nasional. Pada Oktober 2014, Helmy resmi mundur dari dunia balap otomotif karena harus berjuang melawan penyakitnya.

Usahanya tersebut kemudian diteruskan oleh anak pertamanya, Rifat Sungkar untuk menangani segudang event balap. Sementara Rizal Sungkar lebih banyak dan masih aktif menjadi pembalap reli nasional.

Selama hampir 40 tahun, Helmy telah berkecimpung dalam dunia balap. Ia memulainya dalam sebuah turnamen kecil di daerah Cepu, Jawa Tengah. Setelah itu, namanya mulai berkibar dalam menggelar berbagai event balap.

Kabar meninggalnya Helmy diketahui dari postingan sang putra yang terjun sebagai pereli yakni Rifat Sungkar. Dalam unggahannya, Rifat mengabarkan bahwa ayahnya meninggal dunia pada hari ini pukul 06.10 WIB.

“Innalillahi wainaillaihi rojiun. Telah berpulang Helmy Sungar Alurmei, Selasa 24 November 2020 pukul 06.10 WIB. Mohon doa dari jauh untuk mengiringi kepergian,” bunyi unggahan Rifat di akun Instagram pribadinya @rifato saat me-repost unggahan @harisutt.

Sumber : okezone.com