Hari Sumpah Pemuda 2020, Ini Harapan Menpora Zainudin Amali

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan pesan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-92 tahun 2020 yang berlangsung di Auditorium TVRI, Senayan, Jakarta, Rabu (28/10).

Semangat sumpah pemuda tahun ini harus menjadi momentum untuk bersatu dan bangkit menghadapi keterpurukan serta menyongsong kemajuan bangsa.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, pandemi Covid-19 masih meluas di Tanah Air. Tidak ada upacara bendera, hingga kegiatan yang menghadirkan keramaian.

“Pandemi ini memberikan dampak yang luas bagi seluruh sendi kehidupan di masyarakat, termasuk anak muda di Indonesia. Oleh sebabnya, dibutuhkan semangat bersama untuk membangkitkan kembali Indonesia di mata dunia,” kata Menpora dalam sambutannya.

Tema besar dari peringatan Hari Sumpah Pemuda ini yakni bersatu dan bangkit. Jika dilihat dari 92 tahun silam, semangat itu masih tetap relevan dengan situasi dan kondisi saat ini. Semangat persatuan itu tumbuh menjadi kesadaran bersama untuk membebaskan diri dari penjajahan.

“Maka, semangat persatuan itu sangat dibutuhkan untuk bersama-sama mengatasi Pandemi Covid-19. Sekaligus bangkit bersama untuk menyongsong kemajuan bangsa. Bersatu berarti kita harus bergerak bersama, bergotong royong, dan mengedepankan persamaan diantara sesama anak bangsa,” terang Menpora RI.

Lebih lanjut, Menpora RI menjelaskan, pemuda Indonesia memiliki peran untuk menjadi contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Secara khusus, Menpora RI juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap berolahraga guna menjaga kebugaran.

“Semangat sumpah pemuda tahun ini harus menjadi momentum bagi pemuda tidak hanya bangkit menghadapi keterpurukan diberbagai lini dan sektor kehidupan. Pemuda Indonesia punya peran besar untuk memberi contoh kepada masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan,” ujar Menpora RI

“Sejalan dengan komitmen kebangkitan, kita bersama memiliki prioritas pengembangan kepemudaan diberbagai sektor sesuai dengan amanat UU 40 Tahun 2009 yakni kewirausahaan, kepemimpinan, kepeloporan, dan meningkatkan kreativitas pemuda,” pungkas Menpora RI.

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020, Menpora RI membacakan penerima penghargaan apresiasi pemuda dari Kemenpora 2020

Pemenang Juara 1 Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2020

1. Abdul Rozak Sh Sampang Jawa Timur 1 Agama, Sosial, Budaya

2. Egi Trialogi Majalengka Jawa Barat 1 Pendidikan

3. Abdul Rofiq Badril Rizal Mz Jember Jawa Timur 1 Inovasi Teknologi

4. Sulthan Nur Hidayatullah, Se Balikpapan Tengah Kaltim 1 SDA, Lingkungan, Pariwisata

5. Fadhel Trio Putra Sawah Lunto Sumatera Barat 1 Pangan

Pasangan Muda Inspiratif Dan Berprestasi Tahun 2020

Sultan Alfathir Dan Anik Haryanti Lamongan Jawa Timur 1

Difabel Berprestasi

Fayza Putri Adila Depok Jawa Barat

Mukhanafi Yasin Yusuf Purbalingga Jawa Tengah

Pemuda Berprestasi Tingkat Internasional

Yolla Miranda Depok Jawa Barat

Wafa Taftazani Jakarta Dki Jakarta

Adenanthera S. Fatma Jakarta Dki Jakarta

Kontributor: Bagus Suryadinata

Sumber : Merdeka.com

- Advertisement -

Berita Terkini