Polres Majalengka Menggelar Pelatihan Pengendalian Massa Untuk Meningkatkan Kemampuan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Majalengka – Dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota, Dalmas Kerangka Sabhara, dan Staf, Polres Majalengka, Polda Jabar, menggelar pelatihan Pengendalian Massa (Dalmas), Senin (12/10/2020).

Kegiatan yang digelar di Halaman Mapolres Majalengka tersebut, dipimpin langsung oleh Wakapolres Majalengka Kompol., Sumari, S.H.

Kapolres Majalengka, AKBP., Dr., Bismo Teguh Prakoso, melalui Wakapolres Majalengka, Kompol., Sumari, SH., menyampaikan pelatihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan, dan kesiapsiagaan anggota, dalam menangggulangi aksi unjuk rasa.

“Pelatihan tersebut juga bertujuan untuk melatih fisik anggota, serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan,” tutur Wakapolres

Selain itu juga untuk mengingat kembali gerakan, maupun formasi Dalmas, dalam persiapan pengamanan massa, dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainya yang terjadi di wilayah hukum Polres Majalengka.

Pelatihan pengendalian massa ini dimulai dari latihan Dalmas awal, yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan, seperti helm, tongkat, serta tameng dan alat lainnya.

Ditambahkan Wakapolres, bahwa dalam pengendalian massa ini ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh anggota saat dilapangan.

Disebutkan, kegiatan dimulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa, seperti gas air mata yang harus sesuai dengan Standart Operational Procedur (SOP) dilapangan.

“Dengan pelatihan ini diharapkan seluruh personel paham, dan mengetahui tahapan dalam pengendalian masa, serta mampu menerapkannya di lapangan,” pungkasnya. Berita Majalengka, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini