Bupati Ciajur, Buka Pelatihan SAR Daerah Tahun 2020

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Cianjur – Bertempat di Ruang Pertemuan Lantai Empat Hotel Gino Feruci, Kabupaten Cianjur, digelar pembukaan Latihan SAR Daerah Tahun 2020, yang diselenggarakan oleh Kantor SAR Bandung.

Kegiatan dihadiri dan dibuka oleh Bupati Cianjur, H. Herman Suherman, ST., M.AP serta dihadiri kepala pelaksana BPBD Kabupaten Cianjur, H. Dedi Supriadi., S.IP, M.Si, DPRD Kabupaten Cianjur, KASATPEL LLASD Cirata , Agus Mulyana, S.IP., dan KASATPOL AIR Kabupaten Cianjur, AKP., Palahudin .

Kegiatan diikuti oleh 25 peserta Latsarda, yang datang dari berbagai organisasi dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

Bupati Ciajur, Buka Pelatihan SAR Daerah Tahun 2020 (2)
Bupati Cianjur, H. Herman Suherman, ST., M.AP

Pemilihan lokasi Latsarda di Cianjur, menilik dari berbagai pertimbangan salah satunya karena Cianjur, merupakan salah satu daerah dengan indeks bencana yang cukup tinggi.

“Berdasarkan data yang kami himpun Cianjur, merupakan salah satu Kabupaten, yang paling rawan bencana di Jawa Barat, bahkan di Nasional, pada Tahun 2018 BNPB merilis data yang menunjukan bahwa Cianjur berada di rangking 20 pada data indeks risiko bencana Indonesia,” ungkap Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah, S.Sos.

Bupati Ciajur, Buka Pelatihan SAR Daerah Tahun 2020
Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah, S.Sos

Dengan demikian, maka peran SAR dalam bencana di Cianjur sangatlah diperlukan, peningkatan komptensi sumber daya manusia dalam bidang SAR utamanya bagi potensi SAR sangatlah dibutuhkan maka seyogyanya pelatihan SAR ini sangatlah relevan dengan kondisi kebencanaan di Cianjur, yang cukup tinggi khususnya penanganan SAR di dalam air.

Rangkaian kegiatan Latsarda ini di mulai dengan sosialisasi regulasi sar yang dilaksanakan di Gedung Pramuka dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan.

Dalam pelaksanaannya, Basarnas bekerja sama dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cianjur, untuk mengawasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sebelum kegiatan dimulai, dilakukan rapid test bagi seluruh peserta yang terlibat dengan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Cianjur.

Kemudian pada Tanggal 09 September di laksanakan sosialisasi terkait Manajemen Keposkoan, dan Organisasi Ops SAR secara virtual melalui zoom meeting.

Dan sampailah kita pada hari ini, 15 September 2020 yaitu puncak dari rangkain kegiatan Latsarda, karena pada hari ini kita akan melakukan uji sop pelaksanaan Ops SAR, baik pengendaliannya di posko serta pelaksanaan Ops SAR di Waduk Cirata.

Terpisah, Bupati Cianjur H. Herman Suherman, menyampaikan terimakasih atas pelatihan yang diselenggarakan oleh Basarnas khususnya Kantor SAR Bandung, karena telah menyelenggarakan kegiatan Latsarda di Cianjur. Berita Cianjur, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini