Ma’ruf Amin Ingatkan Pemberian ASI Ekslusif Cegah Stunting

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Wakil Presiden Maruf Amin mengingatkan pentingnya pemberian air susu ibu atau ASI pada enam bulan pertama untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. ASI dinilai dapat memperkuat pertumbuhan otak, hati dan sistem imun tubuh yang nantinya dapat membantu anak tumbuh secara optimal.

Hal itu disampaikan Ma’ruf saat memberikan sambutan dalam acara Peringatan Pekan Menyusui Sedunia tahun 2020 yang digelar secara virtual, Rabu (12/8/2020).

“Ketika pertumbuhannya optimal, maka kita akan mempunyai generasi yang sehat, cerdas, dan produktif yang akan membawa Indonesia menjadi negara maju di masa yang akan datang,” kata Maruf.

Oleh karena itu, kesadaran pemberian ASI di masyarakat mesti ditingkatkan demi mewujudkan generasi sehat, cerdas dan produktif. Apalagi dengan pemberian ASI kepada anak juga dapat mencegah terjadinya stunting.

Maruf menuturkan, pemberian ASI juga menjadi salah satu intervensi prioritas yang terbukti efektif dalam pencegahan terjadinya stunting. Maka dari itu, pemberian ASI kepada anak harus tetap didorong agar angka stunting di Indonesia dapat diturunkan sesuai dengan target pemerintah turun hingga 14 persen pada 2024.

Target pemerintah menurunkan angka stunting masih terkendala dengan pemberian ASI kepada anak di Indonesia yang masih di bawah 50 persen.

“Ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita bersama untuk terus mendorong dan mendukung ibu-ibu dapat memberikan ASI selama enam bulan pertama dan dilanjutkan hingga anak berusia dua tahun,” ujarnya.

Sebagai informasi, Pekan Menyusui Sedunia merupakan kampanye global meningkatkan kesadaran dan menggalang aksi untuk meningkatkan kesadaran tentang manfaat menyusui secara eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan anak.

Kampanye global ini pertama kali diselenggarakan oleh World Alliance Breastfeeding Association (WABA) bekerja sama dengan World Health Organization (WHO) dan UNICEF pada tahun 1992.

Pekan Menyusui Sedunia tersebut diperingati setiap tahun pada minggu pertama bulan Agustus. Tema yang diusung tahun ini adalah “Dukung Pemberian ASI untuk Bumi yang lebih Sehat (Support Breastfeeding for a Healthier Planet).”

Sumber : Suara.com

- Advertisement -

Berita Terkini