BNNK Ciamis, Lakukan Kunjungan dan Silaturahmi ke Dinkes Pangandaran

BNNK Ciamis, Lakukan Kunjungan dan Silaturahmi ke Dinkes Pangandaran
BNN Kabupaten Ciamis melakukan kegiatan silaturahmi serta kunjungan kerja ke Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran. (Dok. Istimewa)

MUDANEWS.COM, Pangandaran – Kepala Badan Narkotoka Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis, bersama jajaran melaksanakan silahturahmi, sekaligus kunjungan kerja, ke Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, terkait implementasi Peraturan Bupati Pangandaran No. 60 Tahun 2019 tentang Fasilitasi P4GN di wilayah Kabupaten Pangandaran.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Dinas Kesehatan Pangandaran Jl. Pasundan No. 42 Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (07/07/2020).

Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, S.Sos. M.Si., menjelaskan kunjungannya bahwa selain bersilahturahmi juga membahas beberapa program kerja P4GN dalam hal rehabilitasi.

“Sesuai dengan surat edaran dari Gubernur Jawa Barat bahwa seluruh Rumah Sakit, Puskesmas, supaya mampu memberikan layanan tentang rehabilitasi narkoba, maka untuk itu kami berkomunikasi melakukan penjajakan bagaimana implementasi program di bidang rehabilitasi dapat dilaksanakan di tempat-tempat layanan rehabilitasi, pusat kesehatan masyarakat, maupun di Rumah Sakit Daerah di Kabupaten Pangandaran. Itu yang paling utama,” kata Engkos.

“Alhamdulillah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, menyambut positif dan memberikan dukungan dalam program rehabilitasi, jadi tinggal bagaimana melakukan persiapan-persiapan dalam pelaksanaannya,” ucap Engkos.

Bahwa untuk sebuah layanan kesehatan layanan rehabilitasi kita siapkan mulai dari segi sumber daya manusianya yaitu meliputi Tenaga Dokter, dan Perawat yang nantinya diberikan pelatihan tentang bagaimana melakukan asessmen.

Engkos berharap, dengan memperkuat sinergitas dalam penanggulangan narkoba akan berjalan dengan baik dan optimal sehingga program penanggulangan narkoba di seluruh daerah termasuk di Kabupaten Pangandaran, dapat berjalan baik, baik dari aspek pencegahan, aspek pendekatan pemberantasan, dan aspek rehabilitasi bagi penyalahgunaan narkoba sehingga Kabupaten Pangandaran, menjadi kabupaten yang Bersinar (Bersih Narkoba) dimana Desa-Desa di Pangandaran, menjadi Desa yang bersih narkoba, sekolah bersih dari narkoba, kawasan wisata yang bersih narkoba.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, drg. Yani Achmad Marzuki, M.M. Kes., mengucapkan terimakasih atas silahturahmi, dan kunjungan kerja Kepala BNNK Ciamis.

“Apa yang telah disampaikan oleh Kepala BNNK Ciamis, tentang program kerja P4GN khususnya aspek rehabilitasi tentunya kami akan mempersiapkan daya dukung terutama rehabilitasi yang ada di Puskesmas sebagai ujung tombak,” jelasnya.

Dari segi sumber daya manusia tentu harus dipersiapkan pula, dalam hal ini tenaga yang ada akan disiapkan serta diberikan pelatihan terkait program rehabilitasi dan pelayanan pengobatannya

“Dengan regulasi yang sudah jelas kita jadikan sebagai payung hukum, kita tinggal koordinasi dan komunikasi lebih lanjut untuk bagaimana pelaksanaan dilapangan nantinya,” pungkas Yani. Berita Pangandaran, BQ