Muhadjir Minta Pelaksanaan Car Free Day Dievaluasi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meminta semua pihak mengevaluasi kembali pembukaan sektor kegiatan tertentu di tengah pandemi covid-19. Hal ini terkait kegiatan Car Free Day (CFD) yang kembali dibuka oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta pada Minggu (21/6) kemarin.

“Saya mengimbau semua yang telah menyetujui pembukaan untuk sektor kegiatan tertentu, kalau ada yang kurang beres segera dievaluasi dan untuk tahapan berikutnya supaya dilaksanakan sesuai protokol yang sudah ada,” ujar Muhadjir usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (22/6).

Pembukaan CFD di kawasan Sudirman-Thamrin diketahui dipadati oleh warga hingga berbuntut kritikan dari berbagai pihak.

Muhadjir memaklumi kondisi tersebut. Menurutnya, hal serupa juga pernah terjadi ketika pemerintah memutuskan untuk membuka kembali kegiatan di bandara. Namun ia meyakini kondisi itu akan segera pulih setelah evaluasi.

“Biasanya memang kalau satu, dua kali tahap pertama pasti ada hal-hal yang terjadi di luar perhitungan. Seperti waktu kita buka bandara, satu, dua hari terjadi anomali tapi setelah itu bisa kita evaluasi,” katanya.

Sesuai arahan Jokowi, lanjut Muhadjir, dalam proses pembukaan sektor kegiatan tertentu semestinya memang dilakukan simulasi. Setelah simulasi baru bisa dipastikan bahwa kegiatan telah aman terkendali.

Kegiatan tersebut, kata dia, juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan umum seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

“Di samping itu kan ada protokol khususnya untuk sektor-sektor tertentu. Itu harus dipastikan ketika simulasi memangs udah berjalan baik, karena presiden selalu menaruh perhatian sangat tinggi pembukaan-pembukaan wilayah itu,” ucap Muhadjir.

Sumber : CNNIndonesia.com

- Advertisement -

Berita Terkini