Anies: 10 Hari Transisi Tak Ada Tanda Jakarta akan Kembali Ketatkan PSBB

Anies: 10 Hari Transisi Tak Ada Tanda Jakarta akan Kembali Ketatkan PSBB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Net/Foto)

MUDANEWS.COM, Medan – Jakarta sudah lebih dari 10 hari menerapkan masa PSBB transisi pada 5 Juni 2020. Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, hingga saat ini belum ada indikasi Jakarta akan kembali menerapkan PSBB seperti sebelumnya.

“Sejauh ini, evaluasi selama satu minggu terakhir, 10 hari terakhir, indikator itu tidak nampak. Artinya kita sekarang bisa berkata bahwa selama satu minggu ini, tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan kita akan kembali ke PSBB,” kata Anies di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (16/6).

PSBB akan kembali diterapkan jika tren kasus virus corona kembali naik dan kondisinya dianggap membahayakan warga. Hingga saat ini, kata Anies, pihaknya tidak menutup kemungkinan Jakarta bisa kembali normal seperti sebelum pandemi.

“Ada pertanyaan tadi, mungkinkah kita kembali ke masa PSBB? Tidak ada kemungkinan yang ditutup. Karena itulah kenapa kita katakan bahwa ini adalah masa transisi. Dan masa transisi itu akan bisa memasuki fase sehat, aman, produktif,” ujarnya.

Maka itu dia meminta seluruh warga Jakarta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan selama masa transisi. Sehingga virus bisa dikendalikan.

“Yang menentukan kembali atau tidaknya bukan pemerintah. Yang menentukan adalah perilaku kolektif warga. Jadi 11 juta penduduk DKI itulah yang menentukan apakah kita akan terus melewati transisi ini dengan baik atau tidak,” tambahnya.

Sumber : Kumparan.com