Kepala Daerah PDI Perjuangan, Harus Pelopori Kedaulatan Pangan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Ketum DPP PDIP Megawati Seokarnoputri memimpin rapat virtual DPP #PDIPerjuangan yang khusus membahas politik pangan bersama perwakilan kepala daerah PDI Perjuangan.

Dalam rapat itu, Megawati menegaskan bahwa pandemi Covid-19 memberi pelajaran berharga bagaimana Indonesia harus kedepankan semangat berdikari dalam bidang ekonomi, termasuk di bidang kesehatan dan pangan.

“Politik berdaulat di bidang pangan dengan cara berdikari, melalui kebijakan hulu-hilir, dimulai dari penelitian, pengembangan benih unggul, sarana dan prasarana untuk peningkatan produksi, pengolahan hasil, hingga pemasaran,” kata Megawati.

Para kepala daerah PDI Perjuangan juga berkomitmen saling bekerja sama terutama melalui penelitian benih, kerja sama dengan perguruan tinggi dan lembaga penelitian, peningkatan produksi, pemasaran, dan komitmen untuk menghadirkan lumbung desa, badan usaha milik desa, pasar lelang komoditas, serta menggerakkan rakyat dalam gerakan menanam tersebut.

Instruksinya, lanjut Megawati, berangkat dari apa yang disampaikan Bung Karno, bahwa persoalan pangan adalah “urusan hidup matinya sebuah bangsa”.

“Karena itulah pengembangan penelitian di sektor pertanian harus dilakukan secara progresif sebagai penopang dari hulu untuk mewujudkan kedaulatan di bidang pangan,” jelas Mantan Presiden RI periode 2001-2004 itu. Berita Jakarta, red

- Advertisement -

Berita Terkini