KASAD Lantik Wakasad Mayjen Fachrudin, dengan Gunakan Protokol Covid-19

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa melantik sejumlah perwira tinggi (pati) TNI AD untuk beberapa jabatan, termasuk wakilnya, Wakasad Mayjen Moch Fachrudin. Pelantikan dilakukan dengan menggunakan protokol COVID-19 (Corona).

Pelantikan digelar pada Selasa (21/4) kemarin di Mabes TNI AD, Jakarta. Ada 17 pejabat TNI AD yang dilantik dan melakukan serah terima jabatan (sertijab). Ada pun Mayjen Fachrudin menggantikan Letjen Tatang Sulaiman yang akan pensiun. Nantinya, Fachrudin akan menerima kenaikan pangkat menjadi Letjen.

“Letjen TNI Tatang Sulaiman akan memasuki masa purna tugas dan penggantinya Mayjen TNI Moch Fachrudin sebelumnya menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) Kasad. Keduanya pernah menjabat sebagai Pangdam Iskandar Muda.,” ungkap Kadispen TNI AD, Kolonel Inf Nefra Firdaus, dalam keterangan tertulis TNI AD, Rabu (22/4/2019).

Kolonel Nefra pun juga baru saja dilantik sebagai Kadispenad. Ia menggantikan Brigjen TNI Candra Wijaya yang kini menjadi Kasdam IX/Udayana Bali. Nantinya, Nefra juga akan mendapat kenaikan pangkat menjadi Brigjen.

Upacara sertijab dan pelantikan pejabat TNI AD kali ini dilakukan dengan cara berbeda karena mengikuti protokol COVID-19. Pelaksanaannya dilakukan per gelombang.

“Ini mengadopsi protokol Kesehatan dalam pencegahan pandemi virus COVID-19. (Sertijab) dilaksanakan tidak sekaligus dan dalam penyelenggaraannya sendiri tetap memperhatikan physical distancing,” ungkap Nefra.

Para pati, termasuk Jenderal Andika juga menggunakan masker selama proses pelantikan dan sertijab. Ada beberapa pangdam yang juga mengalami pergantian, yakni Pangdam V/Brawijaya dari Mayjen R Wisnoe Prasetia Boedi kepada mantan Asintel KSAD, Mayjen Widodo Iryansyah.

KSAD Jenderal Andika lantik Pati TNI AD dengan protokol COVID-19KSAD Jenderal Andika lantik Pati TNI AD dengan protokol COVID-19. (Dok Dispen TNI AD).

Kemudian Pangdam Iskandar Muda dari Mayjen Teguh Arif Indratmoko yang kini menjadi Asintel KSAD kepada Mayjen Hassanudin, mantan Asrena KSAD. Untuk Asops KSAD, saat ini dijabat Mayjen Surawahadi yang sebelumnya menjabat sebagai Koorsahli KSAD, dan Asrena KSAD baru pengganti Mayjen Hassanudin yaitu Brigjen Hendrasto Joko Saksono.

“Pejabat bintang dua TNI AD lainnya yang melaksanakan sertijab yaitu Komandan Puspenerbad dari Mayjen Stephanus Tri Mulyono kepada mantan Danpussenif, yaitu Mayjen Teguh Pudjo Rumekso, serta Dan Secapaad dari Brigjen Urip Wahyudi kepada Brigjen Ignatius Yogo Priyono,” jelas Nefra.

Sedangkan di tingkat Balakpus, selain Kadispenad, yang melaksanakan sertijab yaitu Kadisjasad , Kadisjarahad, kadisinfolatad dan Kadisibintalad.

“Masing-masing, pejabat barunya yaitu Kolonel Inf Khairil Anwar Mandailing (Kadisjasad), kepada Kolonel Czi Dr. Rachmat S (Kadisjarahad), Kolonel Inf Taufik Budi Lukito (Kadisinfolahatad) serta Kolonel Inf Edison (Kadisbintalad),” terang Nefra yang merupakan lulusan Akmil tahun 1992 itu.

Nefra pun menjelaskan, beberapa jabatan di TNI AD mengalami peningkatan yang semula dijabat Pati bintang dua menjadi pati bintang tiga. Adapun pergantian sesuai aturan baru itu adalah Koorsahli KSAD Mayjen Surawahadi kepada Mayjen R. Wisnoe Prasetja Boedi, mantan Pangdam V/Brawijaya, kemudian Danpuspomad dari Mayjen Rudy Yulianto kepada Letjen Dodik Widjanarko.

Hal tersebut berdasarkan Perkasad Nomor 26 /2019 yang dikeluarkan tanggal 26 Desember 2019. Itu merupakan turunan dari Perpres 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia.

“Beberapa Kabalakpus TNI AD juga mengalami peningkatan, semula dijabat (Pati) bintang satu menjadi menjadi bintang dua dan kali ini yang melaksanakan sertijab yaitu Kapuspalad dan Kapusbekangad,” papar Nefra.

“Kapuspalad dari Brigjen TNI Subagyo kepada Brigjen TNI Witjaksono dan Kapusbekangad dari Brigjen TNI Helly Guntoro, S.Sos kepada Brigjen TNI Isdarmawan Ganemoeljo, mantan Waaslog Kasad,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Jenderal Andika juga melantik 3 pejabat baru yang merupakan hasil pengembangan organisasi. Mereka yang dilantik yaitu Asisten Latihan (Aslat) Kasad, Komandan Pusat Sandi dan Siber Angkatan Darat (Danpussansiad) dan Kepala Dinas Pengadaan Angkatan Darat (Kadisadaad).

“Selain Dandenma Mabesad yang akan diisi Pati bintang satu (dari Kolonel Czi Jamalulael kepada Kolonel Czi Haryono), juga dilantik beberapa pejabat baru TNI AD, yaitu Aslat Asops Kasad, Brigjen TNI Harianto, Danpussansiad Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie serta Kadisadaad, yaitu Kolonel Arh Hari Arif Wibowo,” sebut Nefra.

“Semuanya akan dijabat Pati bintang satu. Semoga dari pergantian jabatan ini, dapat semakin meningkatan kinerja TNI AD dalam memberikan pengabdian yang terbaik bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Termasuk saya sendiri, mohon doa restu agar dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya,” sambung pria kelahiran Padang Sidempuan 50 tahun lalu itu.

Sumber : detik.com

- Advertisement -

Berita Terkini