Kesulitan Ekonomi, yang Tidak Bisa Diselesaikan Lewat Ekonomi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Belakangan ini, banyak pelaku UMKM maupun masyarakat yang mencoba mencari jalan keluar ditengah kesulitan ekonomi yang melilit akibat Covid-19. Banyak pelaku bisnis yang dirugikan akibat respon kebijakan pemerintah yang memberlakukan karantina wilayah sehingga mau tidak mau pengusaha terpaksa menutup bisnisnya.

Hal itu diungkapkan Analis Pasar Keuangan, Gunawan Benjamin di Medan, Selasa (14/4/2020).

Benjamin menjabarkan, satu hal yang harus diketahui, pada dasarnya memburuknya dunia usaha belakangan ini bukan diakibatkan oleh masalah ekonomi. Namun penyebaran corona yang menjadi akar masalah sehingga muncul masalah ekonomi yang melilit dunia usaha, serta mempersulit kondisi ekonomi masyarakat. Jadi misal kita memiliki usaha kuliner kelasnya UMKM, lantas omset menurun tajam.

“Maka menambah modal untuk kembali menggerakan usaha bukanlah solusi yang baik. Saya justru melihat pelaku usaha itu akan terbebani dengan masalah yang kian rumit, yakni penambahan beban utang kalau sandainya penambahan modal dari utangan. Ini menjadi masalah serius yang justru berpotensi muncul dalam jangka panjang,” bebernya.

Lanjut dia, penurunan omset penjualan ini terjadi dibanyak semua jenis usaha. Kecuali usaha pembuatan masker, Alat pelindung Diri (APD) atau obat-obatan yang dibutuhkan di tengah pandemi. Selebihnya, usaha apapun berpotensi mengalami kegagalan. Dan masalah ekonomi seperti ini, tidak bisa sepenuhnya dituntaskan melalui jalan lewat ekonomi pula.

“Saya ambil contoh yang lain. Sejumlah sektor usaha yang memiliki fundamental bisnis yang defensive. Seperti usaha yang menyediakan keutuhan pokok masyarakat seperti sembako saja mengalami kesulitan penjualan di tengah pandemic. Padahal logikanya masyarakat akan tetap membutuhkan kebutuhan pangan di tengah pandemic seperti yang sekarang ini,” ungkapnya.

Tidak hanya itu banyak dunia usaha yang tutup, sehingga memunculkan masalah ekonomi, tapi solusinya bukan lewat ekonomi. Semua dunia usaha saat ini tengah menanti solusi yakni, kapan pandemic ini berakhir, ada obat-obatan yang manjur serta ditemukannya vaksin. Jika itu ditemukan, maka secara otomatis masalah ekonomi saat ini bisa dituntaskan.

“Dengan sendirinya ekonomi akan kembali bergerak dan bisa mengurai satu persatu kesulitan ekonomi yang membelenggu. Jadi kalau memang memungkinkan usaha ditutup sementara, maka jangan ragu untuk menutupnya sementara,” tegas Benjamin. Berita Medan, Fahmi

- Advertisement -

Berita Terkini