Indonesia Bisa Tangguh Melawan Penyebaran Covid-19, Ini Rahasianya

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Serangan wabah Virus Corona (Covid-19) betapa hebatnya. Virus ini berhasil merenggut ribuan nyawa penduduk negara-negara besar. Sebut saja China, butuh waktu beberapa bulan melawan Covid-19. Tak terkecuali negara-negara adikuasa yang mempunyai alat perang yang canggih seperti Amerika, Russia, Eropa khususnya Italia, semua kalang kabut gara-gara Covid-19.

Menanggapi kasus mewabahnya Covid-19 di Indonesia, Wakil Ketua Lembaga Ekonomi dan Keuangan Syariah RI, Jerry Lemulle, juga mengungkapkan keprihatinan.

Kata dia, jika perang secara manual, maka bisa dilihat secara kasat mata mana musuh dan mana kawan. Pemerintah Indonesia hanya cukup menurunkan TNI dan tak perlu melibatkan rakyat sipil.

Namun perang kali ini sebut Jerry, jelas sangat berbeda. Ini berperang melawan virus yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Menghadapi musuh yang namanya virus, sangat tidak mungkin jika pemerintah hanya menerjunkan tentara saja. Karena virus itu buta, tidak bisa membedakan yang mana tentara dan yang mana rakyat sipil.

Untuk itu, Jerry berharap, perlu adanya pemberian edukasi yang memadai ke semua instansi pemerintah, tidak terkecuali ke rakyat tentang bagaimana cara mengantisipasi serangan wabah Virus Corona ini.

“Harus diberikan protap (prosedur tetap) untuk antisipasi awal. Yang utama disini adalah belajar peka dengan lingkungan dan isu yang sedang viral,” ujar Jerry di Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Kemudian, selain memberikan protap awal, masyarakat mesti diajak untuk disiplin dan patuh dengan arahan dari pemerintah. Sehingga Indonesia bisa seperti Jepang, di tengah mewabahnya Covid-19, Negara Sakura itu tetap gagah melakukan aktivitas sehari-hari.

“Menjalani perang dengan wabah virus, pemerintah dan rakyat harus bersatu untuk melawan sekaligus membasmi wabah virus. Pemerintah memberikan fasilitas, sementara rakyat mengikuti aturan pemerintah saja,” harap Jerry.

Istilah sederhananya, lanjut dia, jika imun tubuh kita semua bisa dipersatukan, pasti kita menjadi lebih kuat. Tidak perlu berpolemik masalah lockdown, yang justru bisa membunuh diri sendiri. Dan yang tak kalah penting, negara tidak perlu mengemis bantuan apapun ke negara lain.

Jerry memberi contoh konkrit upaya Jepang, Korea, dan Singapore yang sukses menangani penyebaran Covid-19. Apa rahasianya, karena pemerintah dan rakyatnya saling mendukung penuh.

“Indonesia pun pasti bisa,” optimistis Jerry Lumelle menutup pembicaraannya. Berita Jakarta, red

- Advertisement -

Berita Terkini