Jokowi Putuskan Pembatasan Sosial Berskala Besar Hadapi Wabah Virus Corona

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan mengambil kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam menghadapi wabah virus corona.

Kebijakan ini sekaligus menegaskan pesan pemerintah agar daerah tidak mengeluarkan keputusan sendiri-sendiri terhadap penanganan pengendalian virus corona.

“Untuk mengatasi dampak wabah tersebut saya telah memutuskan dalam rapat kabinet bahwa opsi yg kita pilih adala pembatasan sosial berskala besar atau PSBB,” kata Jokowi dalam keterangannya, Selasa (31/3).

Dasar hukumnya, kata Presiden Jokowi, adala UU 6/2018 tentang kekarantinaan kesehatan. Pemerintah juga sudah menerbitkan PP tentang pembatasan sosial berskala besar dan keppres penetapan darurat kesehatan masyarakat untuk melaksanakan amanat UU tersebut.

“Para kepala daerah tidak membuat kebijakan sendiri-sendiri yang tidak terkoordinasi. Semua kebijakan kepala daerah harus sesuai koridor aturan tersebut,” tegas Jokowi.

Jokowi mengatakan, pemerintah harus belajar dari pengalaman negara lain, tapi tidak bisa menirunya begitu saja.

Menurutnya, semua negara memiliki ciri khas masing-masing, baik itu luas wilayah jumlah penduduk, kedisiplinan, kondisi geografis, karakter dan budaya.

“Oleh karena itu kita tidak boleh gegabah memutuskan strategi,” tegas Jokowi.  (mn/sk)

 

 

- Advertisement -

Berita Terkini