Di Indonesia, Jumlah Suspect Virus Corona Bertambah jadi 23 Orang

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Pemerintah menyebut saat ini jumlah suspect virus corona menjadi 23 orang di seluruh wilayah Indonesia. 23 suspect itu berasal dari 327 yang diperiksa. Spesimen itu dikirim dari 63 Rumah Sakit yang ada di 25 provinsi.

Berdasarkan penjelasan Kementerian Kesehatan, suspect virus corona berarti orang yang mengalami gejala demam, batuk, gangguan napas serta pernah mengunjungi negara terjangkit corona atau pernah kontak langsung dengan pasien positif corona.

“Dari 327 ini kita tahu ada 4 confirm positif, kemudian ada 23 masih suspect,” kata Juru bicara pemerintah khusus corona Achmad Yurianto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (8/3).

“23 masih ditahan di rumah sakit untuk observasi lebih lanjut,” sambungnya.

Dia menjelaskan, suspect tersebut baru akan dinyatakan negatif setelah paling tidak menjalani pemeriksaan hingga delapan kali.

Pemeriksaan berulang itu, kata Yurianto, dilakukan karena dalam beberapa kasus pasien dinyatakan positif pada pemeriksaan keenam hingga ke-8.

“Kita tidak boleh mengatakan itu negatif meskipun pemeriksaan negatif, kita harus melakukan serial pemeriksaan negatif berkali-kali. Pada umumnya, kita akan melaksanakan seminggu, 7 kali pemeriksaan, mudah-mudahan pemeriksaan ke-8 negatif,” ucapnya.

Sebelumnya, Yurianto menyebut sebagian dari 11 pasien yang diduga terserang Covid-19 merupakan bagian dari klaster kasus 1 dan 2 di Indonesia. Di antaranya juga ada satu anak buah Kapal Diamond Princess.

- Advertisement -

Berita Terkini