Baharkam Jalin Silaturahmi Dengan ICITAP dan Sepakat Memperkuat Hubungan Kerja

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH, jalin silaturahmi dengan pimpinan the International Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP) untuk Indonesia, Kamis (13/02/2020).

Dalam pertemuan itu, kedua belah pihak sepakat untuk memperkuat hubungan kerja yang selama ini telah dibangun agar lebih intensif lagi.

Sementara itu, Kabaharkam Polri menyampaikan bahwa saat ini pihaknya tengah fokus mendukung program pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat, termasuk masyarakat pesisir.

“Bila masyarakat sejahtera, maka kejahatan akan turun. Kekayaan negara bocor pasti lewat pesisir dan banyak kejahatan masuk juga lewat pesisir sehingga kita akan perkuat masyarakat pesisir,” kata Komjen Pol Agus Andrianto.

Lanjut, untuk mendukung hal itu dan dalam rangka memonitor kegiatan operasional jajaran, Baharkam Polri telah membangun Command Center. Namun sayang, pusat kendali operasional ini masih kekurangan perangkat integrasi data.

Lebih lanjut, Kabaharkam Polri berharap ICITAP dapat membantu melengkapi perangkat integrasi data yang dibutuhkan oleh Command Center Baharkam Polri.

Sebelumnya, Baharkam Polri dan ICITAP telah mengadakan berbagai kerja sama, salah satunya adalah proyek Information Fusion Center (IFC) di Ditpolair Kepulauan Riau. IFC ini diharapkan dapat mendukung Polda Kepri dalam menindaklanjuti persetujuan kerja sama dalam bidang informasi dan pengawasan operasi kapal-kapal.

ICITAP merupakan lembaga di bawah Departemen Kehakiman Amerika Serikat yang menawarkan program bantuan pelatihan investigasi kriminal lewat kerja sama dengan berbagai negara, yang kemudian berkembang menjadi lembaga yang membina stabilitas internasional dan peraturan hukum. (Supriadi)

- Advertisement -

Berita Terkini