Polri Siapkan 200.000 Personel Pengamanan Pilkada Serentak 2020 September Mendatang

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS, Jakarta – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Indonesia pada tahun 2020 digelar secara serentak untuk daerah-daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada tahun 2021.

Sistem pemilihan kepala daerah secara serentak pada tahun 2020 merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan di Indonesia. Pelaksanaan Pilkada serentak ini direncanakan akan digelar pada September 2020 mendatang.

“Total daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020 sebanyak 270 daerah dengan rincian 9 Provinsi, 224 Kabupaten, dan 37 Kota,” ujar Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Pol. Asep Adi Saputra, Sabtu (01/02/2020).

Kombes Pol. Asep Adi Saputra memaparkan kesiapan Polri untuk mengamankan Pesta Demokrasi tersebut. Polri menyiapkan 200.000 personel untuk mengamankan Pilkada Serentak 2020 September mendatang.

“Akan disusun rencana operasi sebelum kegiatan, sudah dalam penuntasan, karena ada beberapa hal yang perlu di update, untuk itu polri menetapkan beberapa parameter untuk dapat nanti menentukan klasifikasi kerawanan daerah masing-masing” ujarnya.

Dia mengatakan, Polri sejauh ini masih terus mengumpulkan data terbaru terkait kerawan setiap daerah yang akan melakukan Pilkada serentak, nantinya setelah data-data sudah dirasa cukup, maka Polri baru akan bisa dengan akurat melakukan penindakan dan pengamanan.

“Untuk itu Polri menetapkan beberapa parameter untuk dapat kemudian nanti menentukan cara bertindak dan berapa kekuatan yang harus diterjunkan didaerah tersebut berdasarkan klasifikasi,” pungkas Kombes Pol Asep Adi Saputra.

 

- Advertisement -

Berita Terkini