BMKG: Cuaca Ekstrem Kembali Terjadi 5-7 Januari 2020, Ini Wilayahnya

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengupdate rilis potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia pada periode tanggal 5-7 Januari 2020.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo menyebutkan hasil pantauan BMKG, menyebutkan masih terdapat indikasi peningkatan potensi cuaca ekstrem yang dipicu adanya fenomena atmosfer skala regional hingga lokal.

“Terutama aktifnya Monsun Asia yang menyebabkan terjadinya peningkatan pasokan massa udara basah di wilayah Indonesia, terbentuknya pola konvergensi dan terjadinya perlambatan kecepatan angin di beberapa wilayah,” ujarnya dalam rilis BMKG, Sabtu (04/01/2020).

Disebutkan,  suhu permukaan laut di sekitar wilayah perairan yang cukup hangat sehingga menambah pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan, serta diperkuat dengan adanya fenomena gelombang atmosfer (Equatorial Rossby Wave dan Kelvin Wave) yang signifikan di sekitar wilayah Indonesia.

Berdasarkan kondisi tersebut, dia mengatakan BMKG memprakirakan pada tiga hari ke depan potensi cuaca ekstrem, curah hujan dengan intensitas lebat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah sebagai berikut ini:

Periode 05 – 07 Januari 2020 :

Bengkulu
Jawa Barat
Jawa Tengah
Jawa Timur
D.I. Yogyakarta
NTB
NTT
Kalimantan Barat
Sulawesi Selatan
Maluku
Papua Barat
Papua

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

- Advertisement -

Berita Terkini