Hujan di Ciamis, Puluhan Rumah Warga Rusak

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ciamis – Hujan deras disertai angin kencang melanda hampir seluruh wilayah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jum’at (06/12/2019) Sore kemarin, sekitar pukul 16.30 WIB.

Akibat kejadian tersebut, puluhan rumah warga yang berada di wilayah Kecamatan Ciamis, Sadananya, Pamarican, Lakbok, dan Baregbeg, rusak, dan pepohonan pun banyak yang tumbang (roboh).

Ketua FK Tagana Kabupaten Ciamis, Ade Waluya, Sabtu (07/12/2019), mengatakan bahwa musibah bencana alam tersebut diawali dengan hujan deras yang turun, dan disertai angin kencang.

“Data yang kami dapatkan di lapangan, ada beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan. Rata-rata pada bagian atap yang mengalami kerusakan,” ungkap Ade Waluya.

Lanjut Ade, dari data yang diperoleh FK Tagana Kabupaten Ciamis dilapangan, ada sekitar 18 rumah warga yang tersebar di 4 wilayah Kecamatan, di Kabupaten Ciamis, yang terdampak bencana tersebut.

Berikut data korban terdampak bencana yang tersebar di 4 wilayah Kecamatan, di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat:

A. Diwilayah Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ada 13 rumah terdampak, yaitu:

1. Rumah Titi, warga di Dusun Limus, RT 01, RW 07, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak pada bagian atap, rusak ringan.

2. Rumah milik Rusmana, warga di Dusun Limus, RT 01, RW 07, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak pada bagian atap, rusak ringan.

3. Rumah milik Didi, warga di Dusun Limus, RT 01, RW 07, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak pada bagian atap, rusak ringan.

4. Rumah milik Dahyan, warga di Dusun Limus, RT 01, RW 07, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak pada bagian atap, rusak ringan.

5. Rumah milik Kosman, warga di Dusun Limus, RT 01, RW 07, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak pada bagian atap, rusak ringan.

6. Rumah milik Karmad, warga di Dusun Limus, RT 01, RW 07, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak pada bagian atap, rusak ringan.

7. Rumah milik Wahyo, warga di Dusun Limus, RT 01, RW 07, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak pada bagian atap, rusak ringan.

8. Rumah milik Kikin, warga di Dusun Limus, RT 02, RW 07, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak pada bagian atap, rusak ringan.

9. Rumah milik Salsih, warga di Dusun Limus, RT 02, RW 07, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak pada bagian atap, rusak ringan.

10. Rumah milik Hadma, warga di Dusun Limus, RT 06, RW 07, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak pada bagian atap, rusak ringan.

11. Rumah milik Tika Bayinah, warga di Dusun Limus, RT 06, RW 07, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak pada bagian atap, rusak ringan.

12. Rumah milik Uhro, warga di Dusun Limus, RT 06, RW 07, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak pada bagian atap, rusak ringan.

13. Rumah milik Imas, warga di Dusun Limus, RT 06, RW 07, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak pada bagian atap, rusak ringan.

B. Diwilayah Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ada 1 rumah warga yang terdampak, yaitu:

Rumah milik Mamat Rahmat, warga di Dusun Ranca Utama, RT 09, RW 11, Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tersambar petir, rusak ringan.

C. Diwilayah Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ada 2 rumah yang terdampak, yaitu:

1. Rumah milik Rumiati, di Dusun Kubangpari, RT 06, RW 02 Desa Bangunsari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak pada bagian atap, rusak ringan.

2. Rumah milik Nendi, warga di Dusun Golempang, RT 30, RW 09, Desa Pamarican, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rumah tertimpa pohon kelapa, rusak berat.

D. Diwilayah Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ada 1 rumah warga yang terdampak, yaitu:

Rumah milik Rodiman, warga di Dusun Randu Kuning, RT 06, RW 02, Desa Kelapa Sawit, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rumah tertimpa pohon tisuk (waru), rusak ringan.

E. Diwilayah Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ada 1 rumah yang terdampak, yaitu:

Rumah milik Kusmana, warga di Dusun Nanggewer, RT 03, RT 01, Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, longsor tertimpa material longsor setinggi 4 meter, rusak ringan.

“Kami pastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Dan kami langsung turun ke lapangan untuk melakukan pendataan, serta membersihkan pohon-pohon yang tumbang,” jelasnya.

Ade Waluya, menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang tinggal diwilayah Kabupaten Ciamis, untuk senantiasa selalu waspada, dan berhati-hati menghadapi perubahan cuaca yang terjadi pada saat ini. Pasalnya bencana kapan saja bisa terjadi. Berita Ciamis, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini