Tembok Rumah Ambruk Banjar, Diduga Akibat Pergeseran Tanah
Tembok rumah yang ambruk

MUDANEWS.COM, Banjar – Warga diwilayah Dusun Muktiasih, Desa Sukamukti, Kecamatan Petaruman, Kota Banjar, Jawa Barat, dibuat khawatir, dan cemas dengan adanya pergeseran tanah yang menyebabkan kerusakan pada sejumlah bangunan rumah milik warga masyarakat yang ada diwilayah tersebut.

Seperti halnya rumah milik Muslih, warga di Dusun Muktiasih, RT 04, RW 06, Desa Sukamukti, Kecamatan Petaruman, Kota Banjar, Jawa Barat, yang mengalami kerusakan pada dinding samping rumahnya hingga jebol dan ambruk.

“Retakan dinding tembok sudah terjadi sekitar 5 bulan yang lalu. Sepertinya karena dampak seringnya terjadi guncangan gempa, kemarau panjang, terus kemarin pernah ada hujan, dan tanah menjadi bergerak,” ungkap Muslih, saat ditemui disekitar rumahnya, Sabtu (30/11/2019).

Lanjut Muslih, beruntung saat kejadian tembok ambruk, saya bersama istri dan anak tidak sedang berada di rumah. Sehingga musibah tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa dan luka-luka.

Dan saat ini saya, bersama anak dan istri mengungsi ke rumah keluarga. Pasalnya takut ada pergerakan tanah lagi.

Muslih, menambahkan bahwa diwilayah sini ada sekitar 11 rumah yang mengalami kerusakan, yang diakibatkan oleh pergerakan tanah tersebut. Dan alhamdulillah pihak BPBD Kota Banjar juga telah melakukan pendataan dan memberikan bantuan. Berita Banjar, BQ