Limbah PMKS ISJ dan PT CSR, Cemari Sungai Kalundang dan Barumun

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu – PMKS PT ISJ dan PMKS PT CSR membuang limbah pengolahan Kelapa Sawit yang bau busuk dan hitam dan mengalir ke sungai Barumun dan sungai Kalundang. Hal ini disampaikan Humas LSM Pemantau Kinerja Aparatur Negara Kabupaten Labuhanbatu dimeja kerjanya, Senin (25/11/2019).

Mangotal Manalu (48), menyampaikan pabrik Kelapa Sawit PT ISJ ini membuat sungai menjadi tempat pembuangan limbahnya, yang dapat merugikan bagi masyarakat sekitarnya.

“Temuan kami dilapangan PT ISJ membuang limbah ke sungai, sehingga air sungai kalundang tidak dapat dipergunakan masyarakat, begitu juga ekosistem ikan di sungai ini pun sudah hampir punah, ” jelasnya.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Labuhanbatu dianggap mandul karena tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik untuk menyelamatkan Lingkungan Hidup demi kesinambungan hidup ekosistem baik di air maupun di darat.

Limbah PMKS ISJ dan PT CSR, Cemari Sungai Kalundang dan Barumun
Limbah mencemari Lingkungan

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPC LSM Pemantau Kinerja Aparatur Negara Kabupaten Labuhanbatu Martobet Manalu, menyampaikan kita berharap agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Labuhanbatu yang dipimpin oleh H Kamal Ilham Ritonga, dapat melakukan tindakan tegas untuk menyelamatkan lingkungan hidup yang ada di Kabupaten Labuhanbatu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) H Kamal Ilham Ritonga yang beberapa kali telah dihubungi melalui Whatsapp tidak memberikan jawaban dan tanggapan atas perusahaan Pabrik Kelapa Sawit yang masih membuang limbahnya ke sungai. Sepertinya Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini kurang merespon temuan dari LSM dan wartawan. Berita Labuhanbatu, Denni Pardosi

- Advertisement -

Berita Terkini