Indonesia Panggil Dubes AS Terkait Jerusalem

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Bogor – Pemerintah telah memanggil Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr, terkait dengan pengumuman pengakuan sepihak pemerintah AS atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel. Dalam kesempatan tersebut, pemerintah juga kembali menegaskan sikap resmi Indonesia terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina.

“Kami sudah lakukan dan sudah kami laporkan kepada Bapak Presiden bahwa atas instruksi Bapak Presiden kemarin sore saya sudah memanggil duta besar Amerika Serikat yang dilakukan di ICE, Banten,” ujar Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/12).

Kepada para jurnalis, Retno juga menceritakan upaya yang dilakukan pihaknya sebelum pengumuman pemerintah AS terkait dengan Jerusalem.

“Tiga sampai empat jam menjelang pengumuman itu kita masih berusaha dan berkomunikasi dengan Tillerson (United States Secretary of State) yang saat itu berada di Brussels dan saya sampaikan kembali posisi Indonesia dan meminta agar rencana tidak dilakukan,” ucapnya.

Namun, saat itu, Tillerson mengatakan bahwa Presiden AS telah mengambil keputusannya yang kemudian dikecam keras oleh Presiden Joko Widodo dan sejumlah pemimpin negara-negara dunia.

“Sampai jam-jam terakhir diplomasi kita masih berusaha keras,” tuturnya. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini