Menteri Agama: ASN harus Jadi Penjaga Negara

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Purwodadi – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin hadir pada halal bi halal dan silaturahim pegawai Kementerian Agama se Jawa Timur. Kepada jajarannya, Menag mengingatkan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah sebutan bagi pegawai negeri yang harus menjaga dan membela negara.

“Aparatur berasal dari kata ‘aparatus’ yang mengandung makna sebagai alat, yang berfungsi tidak hanya melindungi, namun sekaligus untuk dapat menjaga dan membela Negara,” ujar Menag Lukman Hakim Saifuddin saat memberikan sambutan pada acara Halal Bilhalal dan silaturahim bersama ASN Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, di lapangan Kebun Raya Purwodadi, Jawa Timur, Minggu (9/7).

Dikatakan Menag, ASN bersama TNI dan Polri harus bersinergi untuk membela, melindungi, serta menjaga NKRI, sesuai fungsi masing-masing. Karenanya, Menag mengajak jajarannya untuk kembali memahami hakikat sebagai ASN.

Halal Bihalal dan silaturahim ini diikuti ribuan ASN yang memadati Kebun Raya Purwodadi. Dalam kesempatan itu, mereka berolah raga bersama orang nomor satu di Kementerian Agama. Tidak sedikit dari mereka yang berebut untuk swafoto bersama Menteri Agama.

Kepada jajarannya, Menag Lukman mengingatkan untuk berdiri di barisan terdepan saat negara mendapat ancaman dari berbagai hal.

“Kita tidak ingin negara dibuat menjadi sekuler, karena Pancasila jelas menyebut bahwa Negara berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Kita juga tidak ingin ada yang memaksakan kehendak untuk mengubah dasar negara yang tidak sesuai dengan keindonesiaan kita,” tegasnya.

Menag imbau ASN Kemenag untuk mengajarkan dan mengamalkan agama seseua esensi dan substansinya. Agama menurutnya harus merangkul, mengayomi dan melindungi sisi-sisi kemanusiaan.

“Jangan biarkan agama dijadikan untuk merendahkan harkat dan martabat manusia, bahkan meniadakan di antara kita,” tandasnya. (ka)

 

 

- Advertisement -

Berita Terkini