Hari Lahir Pancasila, Instansi Pemerintahan dan Masyarakat Diinstruksikan Kibarkan Bendera

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Menteri Sekretaris Negara selaku Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-Hari Nasional dan Penerimaan Kepala Negara/Pemerintah Asing/Pimpinan Organisasi Internasional,  melalui Surat Nomor B-437/M.Sesneg/SET/TU.00.04/05/2017 tanggal 18 Mei 2017 menyerukan agar Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat memperingati Hari Lahir Pancasila.

“Seluruh instansi Pemerintah, baik di Pusat, daerah, maupun perwakilan Pemerintah di luar negeri, serta BUMN/BUMD diminta untuk menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2017 dan melaksanakan Pekan Pancasila pada tanggal 29 Mei s.d. 4 Juni 2017,” ujar Asisten Deputi Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara, Masrokhan dikutip dari laman setneg.go.id, Rabu (31/5).

Masrokhan mengatakan, Pekan Pancasila merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperdalam pemahaman, penghayatan, dan pengamalan Pancasila. Tujuannya untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila, serta untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Berbagai kegiatan akan digelar secara terintegrasi baik di Pusat maupun di daerah, dipayungi satu tema besar, yakni “Saya Indonesia, Saya Pancasila”.  Tema ini merupakan bentuk ekspresi bersama yang dibawakan dengan cara personal. Mengingatkan kembali bahwa Pancasila tidak hanya sebagai Dasar Negara, tetapi juga jati diri bangsa. Sila-silanya menyatukan segala perbedaan yang ada di Indonesia. Semua kata yang terkandung di dalamnya merupakan intisari jiwa masyarakat kita.

Pada 1 Juni 2017 mendatang itulah, Indonesia untuk pertama kalinya akan menyelenggarakan  Peringatan Hari Lahir Pancasila. Di tingkat Pusat, Presiden Jokowi beserta jajaran Kabinet Kerja akan mengadakan Upacara Bendera di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat.

Peserta upacara terdiri atas personil TNI dan Polri, serta para siswa sekolah, dari tingkat SD, SLTP, dan SLTA sebagai bentuk partisipasi generasi muda. Ketua MPR dan Ketua DPR juga akan ikut berkontribusi sebagai pembaca Teks Pancasila dan UUD’45. Di kesempatan ini, Pancasila kembali digaungkan untuk menjadi falsafah yang bisa dipelajari hingga ke mancanegara.

Salah satu kemeriahan kegiatan Pekan Pancasila di tingkat Pusat juga akan diwarnai dengan pelaksanaan “Pameran Pancasila” yang diselenggarakan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Dalam pameran tersebut akan ditampilkan arsip-arsip terkait Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Pameran yang terbuka untuk umum tersebut akan dilaksanakan di Museum Nasional dari tanggal 2 s.d. 8 Juni 2017.

“Pemerintah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berpartisipasi sebagai awal dari usaha menjaga jati diri negeri ini.” ujar Masrokhan.

Tema, logo, dan tagar
#PekanPancasila
#SayaPancasila
#PancasilaReborn
#KenalPancasila
#PancasilaPunyaKita
#PancasilaSatu
#Pancasila2017
Diharapkan dapat mulai digunakan di berbagai jejaring sosial sehingga dapat memaksimalkan program Pekan Pancasila.

- Advertisement -

Berita Terkini