Raja Urung Senembah dan Kepala Urung Sukapiring Gelar Silaturrahmi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Wahyu Panjaitan

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Menyambut Festival Urung Sinembah 2017 pada 20-23 April 2017 bertemakan ‘Merawat Akar Merayakan Peradaban’, Kepala Urung Sukapiring Datuq Rustam bersilahturahmi dengan Raja Urung Senembah Wan Chaidir Barus di rumah seorang sejarahwan USU Junita Setiana Ginting, Jalan Sei Kuala, Medan, Kamis (1/3).

Dalam silaturrahmi tersebut, baik Kepala Urung Sukapiring maupun Raja Urung Senembah saling menyampaikan catatan sejarahnya di hadapan Panitia Festival Urung Senembah 2017 yang kala itu juga berhadir.

Dalam kesempatannya, Raja Urung Senembah Wan Chaidir Barus mengatakan bahwa dengan adanya silaturrahmi dan konsolidasi antara pimpinan urung tersebut dapat memicu terjadinya pelurusan sejarah dan dapat segera dibuat dokumentasinya.

“Saya berharap pelurusan sejarah Sukapiring ini dapat dilakukan dan dapat dibuat dokumentasinya agar tidak melenceng dari kejadian aslinya,” katanya.

Sedangkan Raja Urung Senembah Wan Chaidir Barus mengungkapkan bahwa penulisan sejarah harus terus dilakukan agar nilainya dapat berfungsi untuk kehidupan masyarakat.

“Penulisan sejarah merupakan proses berkelanjutan yang secara terus-menerus penting dilakukan. Hal ini selaras dengan kompleksitas kehidupan manusia yang masih bergulir dari waktu ke waktu. Sejarah sesungguhnya tak sekedar aktivitas menghafal tanggal berikut peristiwanya melainkan bagaimana nilai kesejarahan dimaknai sehingga hikmahnya punya aspek fungsional,” demikian Wan Chaidir Barus.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini