Jokowi Luncurkan Bantuan Pangan Non Tunai, Disalurkan kepada 1,2 Juta Keluarga

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, Cibubur (Jabar) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) melalui Kartu Keluarga Sejahtera di Gedung Olahraga Popki, Cibubur, Kamis (23/2) pagi.

BNPT yang disalurkan kepada lebih dari 1,2 juta keluarga penerima manfaat ini juga dilakukan secara serentak di beberapa kota lainnya seperti Solo, Makassar, dan Surabaya.

Jokowi mengatakan, Program BPNT adalah komitmen pemerintah dalam upaya mengurangi beban pengeluaran, serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada keluarga penerima manfaat secara tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat manfaat.

Program ini secara bertahap akan menggantikan pemberian bantuan yang diberikan dalam bentuk subsidi beras sejahtera (rastra).

“Ibu-ibu sudah terima semuanya kartunya? Buku tabungannya sudah terima? Ini saya catat di sini yang menerima ada 1.879,” tanya Presiden Jokowi mengawali sambutannya. Lebih lanjut,

Jokowi menjelaskan, Kartu Keluarga Sejahtera ini berisi uang senilai Rp 1.890.000,00. Dengan rincian untuk bantuan Pangan berisi setiap bulan senilai Rp110.000,00.

“Berarti satu tahun Rp1.320.000,00. Tahu semuanya? Tadi yang Rp 1.890.000,00 diambilnya 4 kali. Tidak bisa langsung diambil semuanya,” jelasnya.

Jokowi mengimbau para penerima manfaat untuk menggunakan bantuan tersebut pada hal-hal yang bermanfaat. Sambil bergurau, Jokowi mencontohkan hal yang tidak boleh dibeli dengan bantuan itu.

“Jangan dikasihkan suami untuk beli rokok. Jangan diminta suami untuk beli pulsa. Tidak boleh. Begitu kita tahu ada yang dipakai untuk beli pulsa, dipakai untuk beli rokok, cabut. Setuju ya?” tegas Presiden.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini