Indeks Kerukunan Umat Beragama Tahun 2016 Lebih Tinggi Dibanding Tahun 2015

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, Jakarta – Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Abd Rahman Mas’ud mengatakan bahwa indeks kerukunan umat beragama (KUB) tahun 2016 adalah 75,47%. Hasil survei nasional ini naik 0,12 poin jika dibandingkan dengan indeks KUB tahun 2015 sekaligus menunjukan tingkat kerukunan umat beragama di Indonesia cukup tinggi.

Hal ini disampaikan Abd. Rahman Mas’ud saat mengisi Pengajian Bulanan Muhammadiyah di Menteng Raya 62 Jakarta yang mengangkat tema ‘Merawat Kerukunan Kehidupan Beragama’.

Menurut Masud, survei ini mengukur tiga indikator utama, yaitu: toleransi, kesetaraan, dan kerjasama. Selain itu, hasil survei juga menemukan hubungan positif antara keterlibatan tokoh agama dan organisasi keagamaan dengan kerukunan umat beragama.

“Kepercayaan umat beragama terhadap tokoh agama memiliki indeks yang tinggi sebesar 68,65%. Kepercayaan umat beragama terhadap orang dari suku berbeda 73,71%. Sedangkan kepercayaan umat beragama terhadap penganut agama lain sebesar 77,09%,” jelas Mas’ud.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini