Komisi Informasi Pusat Menggelar Acara FGD IKIP 2024 Medan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Mudanews.com, Medan – Komisi Informasi Pusat menggelar acara Forum Group Discussion (FGD) bertajuk Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) 2024 di Hotel Four Point, Kota Medan, Selasa, (23/7/2024).

Rospita Vicy Paulyn selaku Anggota Komisi Informasi Pusat hadir langsung dan menjadi narasumber pada acara FGD IKIP 2024.

Dalam pembukaan dan sambutannya, Vicy menjelaskan, hal ini merupakan kesempatan bagi Informan Ahli untuk mempertahankan atau merubah nilai yang diberikan oleh Informan Ahli atas pertanyaan yang dijawab di SAQ.

“Pelaksanaan IKIP ini sudah digelar 4 kali berturut turut, di mulai dari tahun 2021, 2022, 2023 dan 2024. Hasil IKIP Tahun 2023 itu secara Nasional mencapai angka 75 dan di tahun 2024 ini kita usahakan mencapai nilai yang sama atau lebih,” ucap Rospita Vicy Paulyn.

“Kami berharap Indeks di tahun 2024 ini secara Nasional paling tidak harus sama dengan tahun sebelumnya, IKIP juga ini bertujuan untuk memotret keterbukaan informasi di tingkat Provinsi khususnya di Sumut,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Kerja Daerah (Pokjada) Sumut, Dr Cut Alma Nuraflah menjelaskan, bahwa FGD digelar untuk memberikan data dan fakta kepada informan ahli agar bisa menilai secara objektif terkait keterbukaan informasi di Sumut.

“Pendapat dari para informan ahli sangat di butuhkan dalam forum FGD IKIP 2024 ini, kritikan dan masukan tersebut menjadi hal yang positif untuk seluruh badan publik, terutama di Pemerintahan Provinsi, Kabupaten dan Kota,” ungkap Dr. Cut Alma Nuraflah.

“Hal ini menjadi bukti kebutuhan Informasi harus di sertai data dan fakta sebagai bahan rujukan dalam menilai Objektifitas keterbukaan informasi,” ujarnya.

senada yang di sampaikan oleh Rospita Vicy Paulyn dan Dr. Cut Alma Nuraflah, Wakil Ketua Komisi Informasi Sumut Drs Eddy Syahputra M.Si menyampaikan, IKIP Sumut harus menjadi lebih baik lagi dari tahun – tahun sebelumnya, harus ada peningkatan dalam pelayanan dan penyampaian keterbukaan informasi ke publik.

“Dengan adanya peningkatan pelayanan informasi publik oleh badan publik maka sudah sepantasnya IKIP di Sumatera Utara menjadi baik lagi dalam pelayanan dan keterbukaan info ke publik,” ujar Eddy.

Pelaksanaan FGD IKIP Tahun 2024 ini diikuti oleh seluruh Informan Ahli yakni Prof. Dr. Rita Dalimunthe, drg. Hj. Hartati Zuraida Rangkuti Sp Ort, Phd, Dr. Nispul Khoiri dari LP2M UINSU, Dr Danialsyah, SH., MH., Dr. Muazzul SH., M.Hum., Dr. Aswan Jaya, Arif Budiman MPd, Amru Lubis SPd.i, Jamaluddin SPd.i dan Syafrida.

turut hadir langsung dari Tim Pokjada yakni Dr. Cut Alma Nuraflah, Drs. Eddy Syahputra As MSi, Dr. M. Surip, Drs. Zulfikar Tanjung dan Lenti Purba dari Tim Komisi Informasi Pusat ada Fransiskus Surdiasis (Tim Ahli), serta sejumlah staf yakni Annisa Mardiana, Olyvia Pradhira, Annisa Nur Fitriyannti, Wenni Feriana dan Indra Hasby (Fs)

Berita Terkini