Kemunculan Ikan ‘Hari Kiamat’ Kembali Picu Kehebohan, Benarkah Pertanda Bencana?

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM – SAN  DIEGO     |  Kemunculan oarfish di La Jolla Cove kembali menghidupkan mitos kuno tentang makhluk misterius ini. Ikan raksasa yang sering dijuluki “utusan dari istana dewa laut” ini dipercaya sebagai pertanda akan datangnya bencana alam.

Seekor oarfish, yang dikenal dengan julukan “ikan hari kiamat,” ditemukan mati mengambang oleh seorang snorkeler dan pengayuh kayak di La Jolla Cove, San Diego, Amerika Serikat. Penampakan ikan langka ini jarang terjadi, dengan hanya sekitar 20 kali dalam 125 tahun terakhir di area tersebut, demikian dilaporkan oleh USA Today, Senin(26/8/2024).

Oarfish yang biasanya hidup di laut dalam ini dievakuasi ke fasilitas National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Peneliti dari NOAA dan Scripps Institution of Oceanography di University of California sedang melakukan nekropsi untuk mengetahui penyebab kematian ikan ini.

Sementara, Hiroyuki Motomura, seorang profesor ichthyology di Kagoshima University, memiliki pandangan yang berbeda. Menurutnya, oarfish hanya muncul ke permukaan ketika kondisi fisik mereka buruk. “Mereka naik ke arus air yang menjadi penyebab mereka mati ketika ditemukan,” jelas Motomura.

Meskipun demikian, mitos tentang oarfish tetap menarik minat masyarakat luas. Penemuan terbaru ini sekali lagi membuktikan bahwa makhluk laut dalam menyimpan banyak misteri yang belum terungkap.**[]

Foto: Penampakan ikan oarfish (Dok: Instagram @Chengruwang)
Sumber: CNBC Indonesia

Berita Terkini