Benda Misterius Terdampar di Pantai Australia, Diduga Bagian dari Roket India

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM – Jakarta | Sebuah objek misterius berbentuk silinder ditemukan terdampar di pantai terpencil Green Head, Australia, sekitar 250 km utara Perth, pada akhir pekan lalu. Benda yang menghebohkan ini diperkirakan memiliki lebar sekitar 2,5 meter dan panjang antara 2,5 hingga 3 meter.

Spekulasi awal menyebutkan bahwa objek tersebut mungkin berasal dari misi Bulan terbaru India. Namun, para ahli membantah kemungkinan tersebut. Awalnya, beberapa pihak berspekulasi bahwa benda tersebut bisa jadi merupakan puing-puing dari pesawat MH370 yang hilang pada tahun 2014 di lepas pantai barat Australia. Namun, dugaan ini segera ditepis oleh ahli penerbangan yang menyatakan bahwa benda tersebut kemungkinan besar adalah tangki bahan bakar dari roket yang jatuh ke Samudra Hindia.

Badan Antariksa Australia menyatakan bahwa ada kemungkinan benda tersebut jatuh dari kendaraan peluncuran luar angkasa asing. Kepala Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (Isro), Somanath, mengkonfirmasi bahwa objek tersebut memang merupakan bagian dari roket. Namun, ia menambahkan bahwa analisis lebih lanjut diperlukan untuk memastikan apakah benda tersebut merupakan bagian dari PSLV (Kendaraan Peluncur Satelit Kutub) atau bukan.

“Itu bisa saja PSLV atau lainnya dan kecuali kita melihat dan menganalisisnya, itu tidak bisa dikonfirmasi,” ujar Somanath, seperti dikutip dari BBC pada Kamis (20/7/2023). Dia juga menjelaskan bahwa beberapa bagian PSLV memang diketahui jatuh di laut di luar Zona Ekonomi Eksklusif Australia, dan mungkin telah mengambang di lautan selama beberapa bulan sebelum akhirnya terdampar di pantai.

Meski demikian, pihak berwenang di Australia telah menganggap objek tersebut sebagai barang “berbahaya” dan polisi telah memperingatkan masyarakat untuk menjaga jarak aman. Beberapa ahli juga menyatakan kekhawatiran bahwa benda tersebut mungkin mengandung bahan beracun.

Sementara itu, foto-foto yang beredar menunjukkan bahwa objek logam tersebut telah tertutup oleh teritip, hewan laut yang biasanya menempel pada benda-benda yang berada di air dalam jangka waktu lama, menunjukkan bahwa benda tersebut telah lama mengapung di lautan sebelum akhirnya ditemukan.**[]

Sumber: CNBC Indonesia
Foto: Benda misterius terdampar di pantai Australia (Reuters TV )

Berita Terkini