Erdogan Sholat Jum’at Perdana di Hagia Sophia Hari Ini

Erdogan Sholat Jum'at Perdana di Hagia Sophia Hari Ini
Presiden Turki, Reccep Tayyip Erdogan (kiri)

MUDANEWS.COM, Turki – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan ambil bagian dalam Salat Jumat pertama di Hagia Sophia sejak bangunan itu kembali menjadi masjid dari sebelumnya museum.

Pengadilan Turki mencabut status Hagia Sophia sebagai museum pada 10 Juli dan Erdogan memerintahkan bangunan itu dibuka kembali sebagai masjid, memicu kecaman dari dunia internasional.

Bangunan warisan dunia UNESCO di Istanbul itu pertama kali dibangun sebagai katedral oleh Kerajaan Byzantine sebelum diubah menjadi masjid saat Kerajaan Ottoman merebut Constantinople pada 1453.

Komisi Negara, pengadilan tertinggi Turki, secara bulat membatalkan keputusan pemimpin Turki Mustafa Kemal Ataturk pada 1934 yang menjadikan Hagia Sophia sebagai museum dengan alasan akta bangunan itu menyebut Hagia Sophia sebagai masjid.

Kepala Direktorat Urusan Agama Turki Ali Erbas, Rabu (22/7), mengatakan sebanyak 1.000 orang bisa ambil bagian dalam Salat Jumat di Hagia Sophia.

Sedikitnya 20 ribu pasukan penjaga keamanan akan diturunkan di kawasan untuk memastikan Salat Jumat pertama di Hagia Sophia bisa berjalan dengan aman. berita Mancanegara (AFP/MI)