Kim Jong Un Akhirnya Muncul Setelah Diisukan Meninggal

Kim Jong Un Akhirnya Muncul Setelah Diisukan Meninggal
Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un. (Foto/kumparan)

MUDANEWS.COM, Medan – Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un akhirnya tampil perdana di hadapan publik setelah dikabarkan kesehatannya memburuk awal April lalu. Dilansir AFP, kantor berita KCNA melaporkan Kim menghadiri pembukaan pabrik pupuk, Sabtu (2/5/2020).

Kim “menghadiri acara” pada Jumat (1/5/2020) dan “seluruh peserta bersorak” ketika dia muncul. Dia juga melakukan inspeksi ke seluruh fasilitas pabrik dan “diberikan penjelasan terkait proses produksi,” kata laporan KCNA.

Kim “dengan emosi yang dalam” mengatakan bahwa kakeknya Kim Il-sung dan ayahnya Kim Jong-il “akan sangat senang jika mereka mendengar bahwa pabrik pupuk fosfat modern telah dibangun,” ujar KCNA.

Kim terakhir kali muncul di publik pada 11 April ketika menghadiri rapat Partai Pekerja dan setelahnya dia dilaporkan melakukan inspeksi pesawat tempur di markas pertahanan angkatan udara.

Isu terkait kesehatannya mulai muncul ketika Kim tidak hadir pada perayaan ulang tahun Kim Il-sung pada 15 April. Padahal hari itu merupakan hari penting dalam kalender Korea Utara.

Kim disebut menjalani operasi kardiovaskular dan dalam keadaan kritis, bahkan meninggal dunia. Pemberitaan di seluruh dunia memunculkan spekulasi siapa yang akan menggantikannya kelak.

Pejabat Korsel sebelumnya mengatakan bahwa Kim Jong-un masih hidup dan sehat. Kemungkinan dia mengisolasi diri di kota Wonsan karena virus corona.

Sumber : kumparan.com