PPIH Siapkan 2.600 Bus Upgrade Angkut Jemaah Gelombang Kedua ke Madinah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Makkah – Fase pemberangkatan jemaah haji gelombang kedua dimulai, ditandai keberangkatan 10 bus yang membawa kloter 44 Embarkasi Surabaya (SUB 44). Total akan ada 16 kloter yang berangkat pada hari ini, Selasa (12/9) yang diangkut dengan 150 bus.

Kabid Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Subhan Cholid mengatakan, kalau pihaknya telah menyiapkan sekitar 2600 armada untuk pemberangkatan jemaah haji gelombang kedua.

“Total trip jemaah haji gelombang kedua sekitar 2.600 an bus dari Makkah menuju Madinah. Insya Allah seluruhnya sudah siap dan sudah upgrade,” terang Subhan Cholid usai pelepasan SUB 44 di Tharwat Zamzam Hotel, Makkah, Selasa (12/9).

Untuk memastikan layanan berjalan baik, Subhan mengaku akan melakukan evaluasi pada akhir pemberangkatan di setiap harinya.

“Setiap hari, kita evaluasi terkait hal yang terjadi di perjalanan. Kita juga selalu berkoordinasi dengan syarikah untuk meningkatkan layanan kepada jemaah,” tuturnya.

Berbeda dengan ke Jeddah, pemberangkatan ke Madinah terkait dengan pengurusan layanan jemaah yang berbasis e-Hajj, mulai dari akomodasi, transportasi, katering, dan lainnya. Subhan memastikan proses koordinasi lintas bidang berjalan lancar dan sudah dilakukan sejak awal sehingga kalau ada masalah bisa diidentifikasi dini.

“Alhamdulillah dari seluruh bidang yang mengerjakan ini, kita koordinasinya sangat ketat sehingga kalau ada hal yang mengganggu sudah kita ketahui jauh hari,” ujarnya.

“Sehingga, kita cukup punya waktu untuk menyelesaikan masalah (kalau ada), sebelum jemaah diberangkatkan menuju Madinah,” sambungnya.

Seiring keberangkatan SUB 44, mulai hari ini, Daker Makkah akan melepas keberangkatan jemaah dalam dua jalur, yaitu menuju Jeddah dan Madinah. Proses ini akan terus berjalan hingga 20 September 2017.

Adapun mulai tanggal 21 – 26 September, pemberangkatan jemaah hanya dari Makkah menuju Madinah. (ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini