Petugas Keluarkan Air Zamzam dalam Koper Jemaah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jeddah – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi melarang jemaah haji Indonesia untuk memasukan air Zamzam, baik dalam koper maupun tas jinjing. Beberapa jemaah ditemukan nekat tetap membawa dan karenanya saat teridentifikasi x-ray langsung dikeluarkan oleh petugas.

“Yang ketahuan saat proses xray di bandara semuanya diturunkan. Tas dibongkar dan air zamzam dikeluarkan. Di Bandara Jeddah dalam proses pemulangan ini banyak tas jamaah yang ketahuan membawa air zamzam,” kata Kasubag Informasi dan Humas Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Abdul Basir di Bandara Jeddah, Arab Saudi, Kamis (7/9).

Menurutnya, ada beberapa modus yang dilakukan jemaah haji, di antaranya membungkus secara rapi botol bekas air mineral dengan lakban. Ada pula yang terang-terangan membawanya dalam kaleng besar bekas biscuit.

“Jamaah dilarang memasukan air zamzam dalam wadah apapun ke dalam koper yang masuk bagasi. Begitu juga dengan tas yang dibawa ke atas pesawat,” tegasnya.

Sesuai aturan, setiap jemaah akan menerima air Zamzam sebanyak lima liter saat tiba di Embarkasi Tanah Air. Karena itu, jemaah haji yang pulang ke Tanah Air agar menaati aturan tentang volume bagasi dan barang bawaan dalam penerbangan. Karena itu semua demi keselamatan penerbangan.

Adapun ketentuan terkait barang bawaan adalah sebagai berikut:
1. Jamaah haji diperkenankan membawa tas paspor, tas tentengan (tas kabin) maksimal 7 kg, dan koper (bagasi) maksimal 32 kg. Selebihnya agar dikirim melalui jasa kargo
2. Perusahaan penerbangan hanya akan mengangkut tas tentengan dan koper yang diberikan oleh mereka
3. Selama penerbangan, jamaah dilarang:
a. Membawa cairan melebihi 100 ml dalam tas tentengan kecuali obat-obatan
b. Benda yang mengandung aerosol, gas, magnet, senjata tajam (mainan yang menggunakan baterai agar baterainya dikeluarkan)
c. Memasukan air zamzam dalam koper (bagasi)
d. Membawa parfum melebihi 10 buah @100 ml.

 

- Advertisement -

Berita Terkini