Saudi Akan Bangun Lembaga Pendidikan Islam Arab di Sumut

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Arab Saudi – Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi menemui Rektor Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud Prof Sulaiman bin Abdullah Aba Al Khail di Riyadh, Arab Saudi, Minggu (3/9/2017) malam.

Pertemuan Tengku Erry dengan Prof Sulaiman tersebut guna menindaklanjuti kerjasama Raja Salman dengan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan investasi. Diantaranya adalah rencana pembangunan lembaga pendidikan Islam Arab di Indonesia, salah satunya akan dibangun di Sumatera Utara.

Kehadiran Tengku Erry di Arab Saudi adalah dalam rangka menunaikan ibadah haji undangan khusus dan berkesempatan melakukan kunjungan balasan setelah pada 10 April lalu, Rektor Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud (setingkat Menteri Pendidikan), Prof Sulaiman bin Abdullah Aba Al Khail bersama Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi bertemu Gubernur Erry Nuradi di kantor Gubsu di Medan.

Kemudian, keseriusan Arab Saudi membangun Universitas Islam di Sumut tersebut ditandai dengan kembali datangnya utusan Duta Besar Arab Saudi, Naser Al Ghamdi, 8 Juni lalu dengan membawa dan menyerahan surat Dubes untuk menindaklanjuti kerjasama dua belah pihak dalam rencana pembangunan cabang Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam Arab (LIPIA) Medan.

Untuk pembangunan Universitas Islam Arab tersebut, Pemerintah Provinsi Sumut menyediakan lahan tidak jauh dari Bandara Kualanamu di Deli Serdang yang juga akan dibangun Islamic Center dengan luas lahan 40 hektare. Luas lahan Universitas Islam Arab tersebut cukup 3 hektare saja seperti yang diminta pemerintah Arab Saudi.

“Kita telah komit dan sama-sama menunggu. Mudah-mudahan proses administrasinya tidak memakan waktu yang lama dan peletakan batu pertama untuk pembangunan Universitas Islam Arab ini segera bisa terealisasi dan menjadi kebanggaan bagi warga Sumut nantinya,” ucap Tengku Erry.

Sementara Prof Sulaiman menyebutkan pemerintah Arab Saudi sangat berterimakasih kepada Pak Gubernur yang telah memberikan kekhususan atas tanah untuk kampus ini. ‘’Kami sangat bersyukur, rakyat dan atas nama pemerintah Saudi Arabia. Dan harapan kami bisa berjumpa lagi pada peletakan batu pertama nanti,” ujarnya.

Sebelumnya, Prof Sulaiman menyampaikan bahwa selama ini hubungan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi yang terjalin cukup baik. Hal ini juga dibuktikan dengan kedatangan Raja Salman ke Indonesia beberapa waktu lalu. ‘’Hubungan yang sudah terjalin secara baik ini semakin ditingkatkan khususnya kepada Pemerintah Daerah Sumatera Utara,’’ sebutnya. Berita Arab Saudi, Yogoy

- Advertisement -

Berita Terkini