Menag Lukman Sapa Jemaah di Pemondokan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Makkah – Hari ketiga di Makkah Al Mukarramah, Menag Lukman Hakim Saifuddin menyapa jemaah haji Indonesia di hotel tempat tinggal mereka. Rabu (23/8) jam 10.00 waktu Arab Saudi (WAS), Menag berangkat dari Kantor Daker menuju Hotel Al Murjan Royal Mekah yang terletak di Sektor VI wilayah Syisyah, Makkah.

Tiba di hotel, Menag langsung naik ke lantai lima untuk menyambangi kamar jemaah. Beberapa di antara mereka tampak kaget dengan kedatangan Menag yang mendadak.

Menurut Menag, dirinya menyengaja hadir di tengah jemaah untuk mendengar saran dan masukan atas layanan yang telah diberikan. Kepada jemaah, Menag menanyakan masalah kondisi dan fasilitas hotel. Jemaah mengaku kalua semuanya baik, makanan juga enak.

Hanya jarak hotel ke Masjidil Haram jauh, sekitar 4 kilometer. “Tapi alhamdulillah, ada bus,” kata salah satu jemaah.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memberikan layanan bus shawalat bagi jemaah Indonesia yang tinggal di hotel dengan jarak lebih dari 1500 meter. Bus-bus tersebut melintas di hotel-hotel tempat jemaah menginap menuju Masjidil Haram dan sebaliknya. Fasilitas ini dihentikan 3 hari menjelang puncak haji karena tak bisa masuk ke Masjidil Haram.

Menag terus menyapa jemaah, dari satu kamar ke kamar lainnya, guna menggali usulan bagi perbaikan haji mendatang. Umumnya jemaah tidak mengeluh dan menyebut fasilitas sudah sangat memadai.

“Baru kali ini ketemu langsung dan disambangi Pak Menteri,” kata jemaah asal Merauke, Rukayah.

Sidak berakhir di Hotel Jarwal. Menag menemui beberapa jemaah asal Jember yang tiduran di lantai hotel. Pukul 12.25 WAS, Menag mengakhiri kegiatan. Di lobi hotel, sebagaimana di hotel lain, jemaah heboh dan berkerumun minta berfoto.

Tampak ikut mendampingi Menag, Direktur Bina Haji Khoirizi HD, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Kabiro Humas, Data, dan Informasi Mastuki, serta Kadaker Makkah Nasrullah Jassam. (ka)

 

 

- Advertisement -

Berita Terkini