Petugas Perlindungan Jemaah Interogasi 35 Penyusup di Makkah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Makkah – Petugas Perlindungan Jemaah (Linjam) Daker Makkah telah menginterogasi 35 penyusup di pemondokan jemaah haji Indonesia. Mereka yang diinterogasi adalah oknum mukimin yang menawarkan jasa dorong kursi roda.

Hal ini disampaikan Kasie Linjam Daker Makkah, Letkol Rijal Kani. Menurutnya, sebanyak 11 oknum mukimin di sektor 6, enam di sektor 5, tujuh di sektor 9, dan sembilan di sektor 4.

“Kemudian di sektor 8 dan sektor 11 kami menginterogasi satu orang. Sudah kami data dan sudah dibebaskan,” katanya, Rabu malam (9/8).

Menurut Rijal, saat diinterogasi, hampir seluruh oknum mukimin ini mengaku, telah mengenal jemaah yang akan menggunakan jasanya untuk mendorong kursi roda saat tawaf dan sai. Mereka juga mengaku kenal dengan orang-orang di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Bahkan, ada juga yang mengaku sudah menjalin hubungan jauh sebelum jemaah haji tiba di Makkah.

“Beragam alasan mereka sampaikan. Bahkan ada yang (mengaku) membawa surat pengantar dari Konjen RI dan bupati. Kami tak percaya dan sudah dilaporkan,” kata Rijal.

Pelaksana Linjam Daker Makkah Mayor Reza Fajar Lesmana menambahkan, pendataan telah dilakukan terhadap oknum mukimin itu. Bila nanti mengulang lagi dan berhasil kami amankan, maka petugas akan melaporkan mereka ke pihak keamanan setempat.

Reza menambahkan, sampai saat ini tercatat ada 25 orang jemaah yang lupa arah pulang saat di Masjidil Haram. Banyak alasan yang disampaikan, umumnya mengaku lupa pintu masuk karena semuanya hampir sama.

Petugas Linjam juga mendata dua jemaah yang kehilangan barang di Masjidil Haram. Satu jemaah asal Makassar misalnya, kehilangan uang sebesar SAR1.000 dan Rp5juta karena dijambret saat akan keluar dari pintu King Abdul Azis. Di dalam tas korban juga ada perhiasan dan buku kesehatan.

Tim Linjam Daker Makkah mengimbau jemaah untuk tetap waspada dan tidak ceroboh. Jemaah juga diimbau membawa uang secukupnya saja serta tidak membawa barang berharga. (ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini