18.197 Jemaah Haji Tiba di Makkah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Makkah – Jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan dari Madinah sejak Sabtu (5/8). Sampai hari ini, lebih dari delapan belas ribu jemaah atau 45 kloter telah tiba di Kota Makkah Al Mukaromah.

Kedatangan jemaah haji dari Madinah ke Makkah akan terus berlangsung hingga 21 Agustus mendatang. Mereka yang baru tiba di Makkah, akan melaksanakan ibadah umrah, setelah sebelumnya mengambil mikot di Bir Ali.

Konsultan Bimbingan Ibadah Daker Makkah, Aswadi Syuhadak, menganjurkan jemaah untuk beristirahat terlebih dahulu setibanya di hotel, dan tidak langsung umrah.

“Jangan memaksakan diri sehingga dikhawatirkan akan menggangu kesehatan diri sendiri nanti,” kata Aswadi di Makkah, Rabu (9/8).

Senada dengan Aswadi, Humas Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Makkah, dr Ayesha mengimbau, jemaah tidak memaksakan langsung beribadah bila kondisi fisik tidak memungkinkan/lelah.

Menurutnya, hal itu justru akan memacu timbulnya penyakit akibat daya tahan yang juga menurun.

Ayesha memberikan tips menjaga kesehatan jelang umrah yakni jika hendak ke Masjid sebaiknya berangkat 2 jam sebelumnya kondisi masjid sangat penuh.

“Jadi luangkan waktu lebih banyak untuk menghindari sholat di luar masjid,” tuturnya.

“Jika terlambat, jemaah akan sholat di pelataran masjid atau bahkan di jalan raya yang sangat panas. Faktor risiko dehidrasi, heat stroke dan kaki melepuh harus sangat diwaspadai,” sambungnya.

Kemudian, membawa alat pelindung diri, seperti: masker, kaos kaki, kantong kresek untuk menyimpan sendal, sajadah, snack dan air minum.

“Ingat suhu saat ini dikisaran 45-50 derajat celsius dengan tingkat kelembaban yang sangat rendah,” terang dr Ayesha. (ka)

- Advertisement -

Berita Terkini