Paspor Tertukar, Pemberangkatan Jemaah dari Bir Ali Sempat Tertunda

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Madinah – Jemaah haji Indonesia sudah mulai diberangkatkan dari Madinah menuju Makkah. Sebanyak 387 jemaah kloter pertama Embarkasi Medan (MES 01) menjadi yang pertama diberangkatkan.

Sebanyak sembilan bus mengantar mereka dari Shourfah New Hotel di Madinah menuju Makkah. Sebelumnya, mereka akan singgah di Bir Ali (9km dari Madinah) untuk miqat dan niat umrah.

Sebelum berangkat dari Bir Ali, dilakukan pengecekan ulang paspor. Saat itulah diketahui kalau di bus lima, ada paspor yang tidak ada pemiliknya.

Sementara bus lainnya segera berangkat usai pemeriksaan dokumen, bus lima masih tertunda keberangkatannya. Petugas, termasuk Kepala Sektor Bir Ali Sahbuddin, tampak mondar-mandir mengecek berkas dokumen dan paspor yang ada. Selang beberap menit, diketahui kalau paspor jemaah di bus 5 tertukar dengan paspor jemaah di bus 8. Bus 5 pun diberangkatkan 20 menit setelah bus-bus lain berangkat.

“Alhamdulillah terselesaikan. Tadi ada kekeliruan. Kita sudah cross check antara rombongan lima dan delapan ternyata ada yang tertukar paspor. Ibu yang di rombongan lima paspornya di rombongan delapan dan sebaliknya. Tadi sudah kita crosscek dan alhamdulillah ketamu,” kata Sahbuddin, Sabtu (5/8).

Dia berharap kejadian serupa tidak terjadi. Karenanya, petugas di sektor agar memperhatikan kembali jumlah paspor dengan jemaah serta memastikan seluruh namanya sudah sesuai.

Sahbuddin juga berharap pemberangkatan jemaah ke Mekah yang selalu ‘mampir’ ke Bir Ali selanjutnya berjalan lancar. Sesuai jadwal, ada 9 kloter yang akan diberangkatkan hari Minggu besok, yaitu: JKG 01, PDG 01, SUB 01, SOC 01, JKS 02, UPG 01, SUB 02, SUB 03, dan SOC 02.

Para jemaah yang diberangkatkan adalah jemaah yang sudah 8-9 hari di Madinah. Mereka akan beribadah di Masjidil Haram dan mengikuti puncak haji pada akhir Agustus mendatang.

“Kita selalu mengingatkan semenjak dari pemondokan agar dipastikan pakaian dari sana sudah sesuai ihramnya. Sampai sini kita ingatkanlagi, khususnya Bapak-bapak, untuk memastikan sudah tidak mengenakan pakaian berjahit. Alhamdulillah sudah kita kross cek dan sesuai ihramnya,” tandasnya. (ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini